2024, Saipul A. Mbuinga Masih yang Terkuat di Pilkada Pohuwato

Saipul A. Mbuinga. Bupati Pohuwato dari Partai Gerindra ini masih yang terkuat sebagai Calon Bupati Pohuwato, untuk maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), akhir tahun ini.

Alasan pertama adalah, jika dilihat dari situasi politik Pohuwato saat ini, hampir dapat dipastikan tidak ada satupun partai yang berani menyatakan sikap secara terang-terangan, siap melawan Saipul A. Mbuinga pada Pilkada nanti. Pun ada, mereka berasal dari luar jalur partai alias calon independen. Sebut saja Salahudin Pakaya dan dr. Arifin Abubakar.

banner 468x60

Nama besar yang pernah bertarung melawan Saipul di Pilkada 2020, saat ini lebih memilih menunggu. Sebut saja Iwan S. Adam. Ketua DPD Nasdem Pohuwato ini lebih memilih jalan mendaftar Bakal Calon Wakil Bupati Pohuwato mendampingi Saipul A. Mbuinga.

Lewat komunikasi politik, Iwan konon menjadi pilihan kuat Saipul meski ada nama besar lainnya yakni Suharsi Igirisa (Golkar/Wakil Bupati Pohuwato) serta Ketua DPD Golkar Pohuwato, Nasir Giasi.

Kedua, Selain Petahana, Saipul A. Mbuinga ditopang oleh faktor finansial yang cukup kuat. Hal ini tentu menjadi modal kuat yang diidamkan oleh siapapun politikus yang berhasrat ikut pertarungan politik Pilkada. Ingat, selain popularitas, integritas, dan kualitas, untuk bertarung di kelas Pilkada, seorang politikus harus punya isi tas, dan Saipul memiliki itu.

Ketiga, Keterterimaan Saipul di masyarakat Pohuwato membuktikan dia menjadi Bupati Pohuwato terpilih pada Pilkada tahun 2020 kemarin. Pria yang mengawali karir politiknya sebagai Anggota DPRD Pohuwato (Wakil Ketua) 2 periode (2014-2019 dan 2019-2020) dikenal sangat merakyat.

Apapun itu, saat ini, Saipul A. Mbuinga masih jadi yang terkuat untuk Calon Bupati Pohuwato. (G. Latarawe)

banner 468x60