Imbas Kerusuhan  Pohuwato, Aktivis Minta Mabes Polri Copot dan Proses Hukum Kapolda Gorontalo

WARTANESIA – Sebagai aktivis Gorontolo rasa prihatin atas insiden demo ricuh di Kabupaten Pohuwato sampai berujung  pembakaran Kantor Bupati Pohuwato, Pengrusakan Kantor DPRD, Rumah Dinas Bupati Pohuwato hingga pengrusakan fasilitas umum.

Semua ini diakibatkan oleh skema penyelesaian problem tambang rakyat yang tidak didasarkan pada pencarian solusi tapi justru menitik beratkan pada pola pendekatan “tangan besi”.

banner 468x60

“Jika penegakkan hukum terkait pertambangan rakyat dilakukan dengan benar-benar mengatasnamakan supremasi hukum dan tanpa tedeng aling-aling maka tanpa dilakukan upaya keras sekalipun masyarakat penambang akan taat hukum”, kata paris.

Dirinya menambahkan, permasalahan tambang rakyat Pohuwato jangan hanya dinilai secara parsial saja namun harus dilihat secara holistik. Mencermati suatu masalah jangan hanya dilihat dari dampaknya saja. Tapi yang penting diseriusi juga adalah apa sebabnya?

“Penertiban para penambang sejak awal kami nilai sangat janggal saat pertama kali dipimpin langsung oleh Kapolda yang sampai hari ini proses hukumnya hilang entah kemana. Yang terinformasi perkara tersebut diam oleh karena adanya sesuatu. Yang sebelumnya dibeberapa aktivitas warga penambang pun terindikasi ada permintaan kontribusi”. Kecam paris.

Olehnya kami minta kepada para penambang untuk membuka tabir apa yang selama ini terjadi di pertambangan pohuwato secara terang benderang agar persitwa ini menjadi bahan evaluasi  menyeluruh terkait perlindungan hak_hak penambang rakyat baik di pohuwato maupun secara umum di Gorontalo.

Terkait hal tersebut, Kapolda Gorontalo saat melakukan konfrensi Pers mengatakan jika, penanganan unjuk rasa yang terjadi di Pohuwato sudah sesuai prosedur.

“Ada sekitar 7 titik lokasi yang kami amankan, sehingga kami membantah jika dibilang kecolong terkait kerusuhan hingga terbakarnya kantor Bupati Pohuwato,” kata Kapolda Gorontalo.

Dalam kesempatan yang sama juga Kapolda menegaskan jika Polisi tidak sedang berperang dengan masyarakat, namun mengamankan jalannya aksi, agar aspirasi masyarakat tersampaikan dengan jelas dan aksi berjalan kondusif. (Lan)

banner 468x60