Dibangun 2005, Gerbang Block Plan Perkantoran Marisa Bakal Dirobohkan

WARTANESIA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato, akan melakukan pembangunan kembali gerbang selamat datang di Block Plan Perkantoran, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato.

Sebelum melakukan pembangunan, pemerintah berencana akan merobohkan gerbang yang dibangun pada tahun 2005 di masa pemeritahannya Bupati Zainudin Hasan tersebut.

banner 468x60

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mengatakan tujuan pemerintah merobohkan bangunan tersebut adalah untuk mengganti dengan gerbang yang baru.

“Kita lihat ini estetikanya sudah hilang. Gapura ini dibangun sejak pemeritahannya Bupati Zainudin Hasan. Kurang lebih sudah 16 tahun. Jadi kami akan bangun yang terbaru,” jelas Siapul, Selasa (12/09/2023).

Bupati Saipul mengungkapkan anggaran yang digunakan dalam merobohkan gerbang tersebut adalah sebesar Rp 50 Juta, sementara untuk pembangunan kembali adalah sebesar Rp 1,5 Miliar.

“Untuk merobohkan kita anggarkan 50 Juta yang bersumber dari APBD. Pembangunan baru itu kita anggarkan di APBD Tahun 2024 dengan jumlah 1,5 Miliar,” lanjutnya.

Pembangunannya sendiri, kata Bupati Saipul akan dipercepat yakni pada bulan April 2024 mendatang.

Sementara itu, untuk melakukan pengamanan jalan saat proses perobohan dilakukan, pemerintah daerah akan bekerja sama dengan Satlantas Polres Pohuwato.

“Hari ini bangunan gerbang Block Plan akan dirobohkan, jadi kita gandeng pihak Satlantas untuk melakukan pengamanan,” tutur Kepala Dinas Perhubungan, Hikman Katohidar.

banner 468x60