Momen Ketupatan, Camat Buntulia Umumkan Pemenang Lomba Tumbilotohe

WARTANESIA – Kecamatan Buntulia di bawah pimpinan Camat Syaiful Bahri M. Hunta, menggelar lomba pasang lampu atau yang dikenal dengan istilah Timbilotohe.

Lomba tersebut diikuti oleh 7 (tujuh) desa yang berada di Kecamatan Buntulia, dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan budaya tradisi masyaraka di Provinsi Gorontalo.

banner 468x60

Perlombaan tersebut dimenangkan oleh Desa Hulawa sebagai Juara 1, Desa Taluduyunu Juara 2, Desa Sipatana Juara 3, dan diikuti oleh Karya Indah, Taluduyunu Utara, Buntulia Tengah dan Buntulia Utara.

Dalam penutupan perlombaan tersebut, Camat Buntulia, Syaiful Bahri M. Hunta mengucapkan selamat kepada pemenang dalam ajang tahunan tersebut. Dirinya juga memberikan apresiasi atas antusias setiap desa.

“Sebagai Pemerintah Kecamatan, kami mengucapkan selamat kepada Desa Hulawa dan yang lainnya. Kami berharap untuk desa yang belum mendapatkan juara tidak berkecil hati dan menampilkan yang lebih baik di tahun-tahun berikutnya,” ujar Syaiful, Minggu (30/04/2023).

Lebih lanjut, Syaiful mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertahankan adat dan budaya leluhur. Sebab kata dia, saat ini adat Tumbilotohe mulai kehilangan ciri khasnya.

“Dulu pelaksanaan Tumbilotohe itu menggunakan lampu botol asli, namun kini sudah banyak yang menggunakan lampu listrik. Oleh karena itu kita berusaha mengembalikan ciri khas Tumbilotohe lewat perlombaan ini,” pungkasnya. (rik)

banner 468x60