Musrenbang di Popayato, Wabup Suharsi Ungkap Tak Semua Program Dapat Didanai

WARTANESIA – Dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pohuwato Tahun 2024, harus melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Sebelum Musrenbang Kecamatan dilakukan, terlebih dahulu di laksanakan Musrenbang tingkat desa/kelurahan untuk menentukan usulan prioritas dari masing-masing desa/kelurahan.

banner 468x60

Pemerintah daerah pun akan segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, berdasarkan visi-misi Pemerintahan SMS dengan 9 agenda prioritas daerah.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, dalam sambutannya pada acara Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat Kecamatan Popayato, di aula Kantor Camat Popayato, Selasa (14/02/2023).

“Sebab minggu ketiga Maret 2023 tepatnya bulan depan, RKPD itu akan diangkat dan didiskusikan pada musrenbang tingkat Kabupaten Pohuwato,” ujar Suharsi.

Menurut Wabup Suharsi Igirisa, dewasa ini kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan masih terbatas. Untuk itu, perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut.

“Bahwa tidak semua program akan dapat didanai, perlu juga dicarikan peluang pendanaan dari sumber lain, baik dari APBD Provinsi, APBN ataupun kerjasama swasta dalam rangka investasi,” pungkasnya. (rik)

banner 468x60