Panen PT. Lebuni Berdayakan 350 Tenaga Kerja Lokal

WARTANESIA – PT. Perkebunan Lebuni tengah melangsungkan panen di 70 Blok lokasi penanaman. Panen tersebut terlaksana sejak Senin (23/01), hingga saat ini.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan oleh Manajer Teknik PT. Lebuni, Mahmud Yusuf, kepada awak media ini. Panen tersebut dimulai dari Blok G7 dengan luas kurang lebih 1 (satu) hektar.

banner 468x60

“Jadi kita menargetkan ada 70 Blok yang akan dipanen, dimana masing-masing blok memiliki luas kurang lebih 1 hektar, jadi kurang lebih ada sekitar 70 hektar yang akan kita panen,” kata dia, dikutip Kamis (26/01/2023).

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan, jenis tanaman yang saat ini tengah dipanen adalah jagung, dan dalam proses panennya melibatkan tenaga kerja lokal, yang kurang lebih berjumlah 350 orang.

“Dalam 1 Blok kita berdayakan sekitar 50 orang tenaga kerja lokal, jadi kalau ditotal ada sekitar 350 orang yang saat ini melakukan penebangan hingga pengupasan,” lanjutnya.

Yusuf berharap, kehadiran PT. Lebuni dapat meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar, lewat pemberdayaan tenaga kerja lokal dan sinergitas bersama Pemerintah Daerah.

“Kehadiran PT. Lebuni memberikan dampak positif kepada masyarakat, sebab mereka memiliki penghasilan tetap. Bahkan kemarin saya sempat komunikasi dengan salah satu petani, katanya lebih untung jika lahan dikelola perusahaan ketimbang harus dikelola sendiri,” pungkasnya. (rik)

banner 468x60