Seminggu Lebih Warga Taluduyunu Utara Terendam Air, Pemda Malah Lempar Tanggungjawab

WARTANESIA – Sudah lebih dari sepekan sisa banjir akibat hujan menggenangi rumah warga di Dusun Taludaa, Desa Taluduyunu Utara, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato. Nyaris tidak ada upaya pemerintah, baik desa, kecamatan, hingga kabupaten untuk melakukan tindakan.

Merasa putus asa, warga pun curhat ke media sosial Facebook. “Banjir di Musim Kemarau. Sudah 8 Hari menggenangi Rumah Masyarakat
Di Desa Taluduyunu Utara
Mohon Solusinya,” tulis akun Owin Dama di akun Facebooknya pada Minggu (15/1/2023).

banner 468x60

Dari informasi yang diperoleh, ada 7 rumah di dusun tersebut tergenang air. Kondisi yang ada, membuat warga rawan terserang penyakit.

Dikonfirmasi, Kepala BPBD Pohuwato, Bahari Gobel berdalih bahwa, pemerintah sudah sekali melakukan penyedotan air. Namun, hal itu menurutnya sia-sia.

“Pernah sekali kami sudah sedot airnya. Tapi air masuk lagi. Karena genangan itu airnya berasal dari sungai kecil di wilayah tersebut,” kilahnya.

Bahari pun mengatakan bahwa, hal tersebut bukan tanggungjawab pemerintah kabupaten, melainkan desa.

“Jadi itu pemerintah desa yang ambil alih. Karena di kita tidak ada kegiatan pembuatan (penutupan tanggul sungai). Jadi percuma modisedot. Itu harus ditutup saluran air dari sungai ke got. Nanti kita 1 atau 2 hari kita akan tinjau lagi,” pungkas Bahari Gobel. (Lan)

banner 468x60