Kades Dambalo Disambut Sukacita Warga, Musik Gambusi Warnai Malam Syukuran

WARTANESIA – Menjelang prosesi adat Mopotilolo, Kepala Desa Dambalo, Kecamatan Popayato, terpilih hasil Pilkades serentak pada Agustus kemarin, Wawan Ahmad, menggelar agenda ramah tamah bersama seluruh warga masyarakat di desa tersebut, pada Kamis (8/9/2022) malam.

Dihadiri langsung oleh Aleg Dapil Popayato-Lemito, Rizal T. Pasuma, ratusan warga terlihat penuh suka cita menyambut pemimpin baru Desa Dambalo. Menariknya, ramah tamah ini mengundang khusus sejumlah musisi lokal daerah, khususnya pemusik tradisional Gambusi.

banner 468x60

“Kami bangga pak, beliau Pak Kades ini masih peduli terhadap seni dan budaya lokal. Malam ini kami berkumpul berbaur menjadi satu. Tidak ada lagi perbedaan,” ungkap salah satu tokoh masyarakat yang hadir, Yunus Yalamati.

Sementara itu, Wawan Ahmad mengatakan, agenda ramah tamah dan syukuran ini merupakan wujud mempersatukan kembali seluruh masyarakat usai Pilkades kemarin.

Kades Dambalo, Kecamatan Popayato, Wawan Ahmad, (putih) usai pelantikan serentak Kades terpilih oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga. (Istimewa)

“Saya mengundang pemusik Gambusi ini karena saya lihat makin ke sini musik tradisional Gambusi semakin ditinggalkan dan dilupakan khususnya generasi muda. Dengan ini, saya ingin mengajak kepada seluruh masyarakat dan generasi muda, untuk mengenal dan melestarikan kembali musik Gambusi yang menjadi roh adat Gorontalo,” ungkap Wawan.

Wawan berharap, seluruh warga masyarakat dapat bersama-sama, bersatu kembali bahu-membahu bersinergi mewujudkan Desa Dambalo lebih baik ke depannya.

“Ramah tamah ini merupakan wujud syukur sekaligus menyatukan kembali perbedaan usai Pilkades. Beda pilihan itu biasa, namun bagaimana ke depan kita bisa bersatu lagi demi membangun Desa Dambalo menjadi lebih baik ke depannya,” jelas Wawan.

Untuk diketahui, Wawan Ahmad sendiri terpilih menjadi Kepala Desa Dambalo untuk masa bhakti 2022-2028. Berada di nomor urut 2, Wawan mengalahkan 2 kandidat lainnya denga perolehan suara terbanyak.

Rencananya, Jumat (9/9/2022), Wawan Ahmad akan melewati prosesi adat Mopotilolo, yakni menyambut pemimpin baru, yang akan digelar di kediaman Kades Terpilih di Desa Dambalo. (Lan)

banner 468x60