Upacara Pengibaran Bendera di Lapangan Proklamasi Popayato Sukses Digelar

WARTANESIA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato sukses menggelar upacara pengibaran bendera merah putih, dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Upacara yang berlangsung khidmad itu dilaksanakan di lapangan Proklamasi, Kecamatan Popayato, Rabu (17/8/2022), dengan dipimpin oleh Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga. Selain itu, Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato, Nasir Giasi, bertugas sebagai pembaca teks Proklamasi.

banner 468x60

Sementara yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Arm Eko Susilo Rinanto, Pasi Intel Komando Distrik Militer (Kodim) 1313 Pohuwato dan Perwira upacara adalah Jhon Erik Kasombang.


Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, kepada awak media mengatakan bahwa pelaksanaan upacara di Kecamatan Popayato sudah direncanakan sejak 6 (enam)  bulan yang lalu ketika dilaksanakannya rapat bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa dan Sekretaris Daerah, Iskandar Datau.

“Saya bertanya apakah ada regulasi yang mengatur tentang pelaksanaan upacara harus di pusat ibu kota. Ternyata setelah kita buka, aturan itu tidak ada yang mengatur. Setelah itu, saya datang ke DPR untuk menyampaikan rencana pemindahan upacara 17 Agustus,” jelas Saipul pada awak media.

Bupati Saipul juga mengatakan bahwa kedepannya tidak menutup kemungkinan pelaksanaan upacara 17 Agustus akan dilaksanakan di kecamatan lainnya.

“Alhamdulillah berkat bantuan seluruh Forkopimda, terutaman Polres dan Dandim akhirnya upacara sukses dilaksanakan,” lanjut Saipul.

Adapun petugas pengibar bendera yaitu; sebagai Komandan Kelompok (Danpok) siswa SMA Negeri 1 Marisa, Rivendro Ne Rau. Pembentang, Liswan Boudelo, siswa SMK Negeri 1 Marisa. Penarik, Anwar Sabirul Anam, siswa SMA Negeri 1 Popayato. Pembawa Baki, Tresya Sifana Monoarfa, siswa SMA Negeri 1 Marisa. Paduan suara, Pohuwato Choir dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Popayato. (rik)

banner 468x60