Siap-siap! Hewan Lepas Bakal Diatensi Lagi oleh Satpol PP

WARTANESIA – Terbit dan diberlakukannya Perda Hewan Lepas di Kabupaten Pohuwato rupanya tidak se-efisien pelaksanaannya. Hal ini dibuktikan dari banyaknya hewan berkeliaran baik di area Block Plan, maupun kawasan wisata Pantai Pohon Cinta.

Meski pernah ditegakkan, Perda hewan lepas di Pohuwato kadang jalan kadang tidak. Sebagai eksekutor, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibawah kepemimpinan Nikson Pakaya mengemukakan, pihaknya sampai dengan saat ini tengah berupaya untuk melakukan penanganan terhadap fenomena ini.

banner 468x60

“Saya selaku Kepala Satpol PP selalu memberikan arahan kepada korps saya untuk menertibkan hewan lepas,” ujar Nikson, ketika ditemui Wartanesia.id di ruang kerjanya, Jum’at (29/07/2022).

Namun, kata Nikson, persoalan ini tidak bisa diselesaikan lewat satu instansi saja, melaikan membutuhkan kerja kolektif lintas sektor, baik Pemerintah Desa, maupun masyarakat sekitar.

“Terlepas dari itu, meskipun seluruh personil saya perintahkan untuk melakukan pengamanan, maka tidak bisa mencakup wilayah kerja yang sangat luas ini. Olehnya, saya menghimbau kepada kita semua untuk sama-sama bersinergi melakukan pengawasan terhadap persoalan ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Nikson menjelaskan bahwa ada beberapa kecamatan dan desa yang sampai dengan saat ini bekerjasama untuk menuntaskan persoalan ini.

“Alhamdulillah, beberapa kecamatan dan desa mau sama-sama dengan kita untuk menyikapi persoalan ini. Seperti yang ada di salah satu desa di Kecamatan Paguat dan Kecamatan Taluditi. Jadi nanti yang mengeksekusi adalah desa itu sendiri, hal itu nantinya akan diatur dengan Perdes, dan siapa yang melanggar maka akan ada sangsinya,” terang Nikson lebih lanjut.

Kepada masyarakat, Nikson berharap agar Perda kemudian Perbup hingga mengerucut pada Perdes tersebut dapat diterapkan. Hal ini tentu dapat dilakukan dgn harapan agar setiap pemilik hewan selalu memperhatikan hewan milknya.

“Untuk sekarang mungkin kesannya bahwa yang terkait dengan hewan lepas hanyalah Satpol PP, akan tetapi tanpa kita sadari hal ini membutuhkan kerjasama dari kita semua,” pungkasnya. (rik)

banner 468x60