Kunjungi Pohuwato, UMGO Bahas Mahasiswa Hingga Pengembangan Wisata Torosiaje

WARTANESIA – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, didampingi Sekda Iskandar Datau, Asisten Pemkesra, Arman Mohamad, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rustam Melleng dan Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh menerima kunjungan silaturahmi dari Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) di meeting room Kantor Bupati, Senin (25/07/2022).

Rektor UMGO, Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong menjelaskan bahwa kunjungan ke Pohuwato selain silaturahmi dengan Pemerintah Daerah juga untuk memperkuat peran kampus dalam pengembangan daerah.

banner 468x60

“Kami (UMGO) sebagai perguruan tinggi tentu lebih banyak mengambil peran di bidang SDM yakni bagaimana menyiapkan SDM, memperkuat percepatan pengembangan obyek wisata Torosiaje, kemudian pengembangan pendidikan,” terangnya.

Lanjut Abd. Kadim, disamping itu juga UMGO sebagai lembaga pendidikan punya mahasiswa terutama yang berasal dari Pohuwato. Kata dia, UMGO juga bertujuan untuk memperkuat kemitraan agar mahasiswa dari Pohuwato bisa menyelesaikan studinya dengan cepat agar kembali ke Pohuwato untuk menjalankan fungsinya di daerah.

“MoU dengan pohuwato akan berakhir tahun 2024 yang insyaallah akan diperpanjang, karena kita di 6 daerah kabupaten/kota itu harus jalin kemitraan, sehingga penguatannya ada pada MoU,” pungkasnya.

Bupati Saipul menyambut baik kunjungan dari UMGO, dengan harapan agar mahasiswa Pohuwato dapat dibina dan di didik dengan baik sehingga kelak bisa melaksanakan fungsinya sebagaimana ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah.

Selanjutnya untuk pengembangan objek wisata Torosiaje, Bupati Saipul berharap agar hal ini menjadi perhatian pihak kampus. Karena wisata Torosiaje merupakan salah satu wisata yang ada di wilayah barat yang sekarang dalam pengembangan, olehnya hal ini diminta menjadi perhatian bersama pula.

“Iya, kami sangat apresasi langkah baik dari UMGO, semoga apa yang disampaikan ini bisa terwujud terutama perhatian kepada mahasiswa Pohuwato. Karena mahasiswa ini kedepan adalah harapan daerah, di tangan mereka kemajuan daerah di masa mendatang,” tandas Bupati Saipul Mbuinga. (rik)

banner 468x60