38 Hafiz dan Hafizah Pohuwato Bakal Bersaing di MTQ Tingkat Provinsi

WARTANESIA – Kabupaten Pohuwato mempersiapkan sejumlah 38 hafiz dan hafizah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2022.

Mereka saat ini tengah mengikuti training centre (TC) di Pondok Tahfiz kempleks masjid Agung Baiturrahim Pohuwato. TC Kafilah MTQ Kabupaten Pohuwato itu dibuka oleh Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Ibrahim Hanapi, Kamis, (16/6/2022).

banner 468x60

Ibrahim Hanapi menjelaskan, 38 peserta ini merupakan hafiz dan hafizah Pohuwato yang telah lolos atau mendapat juara 1 pada MTQ tingkat Kabupaten Lohuwato baru-baru ini.

“Dengan demikian adik-adik adalah utusan atau perwakilan Pohuwato pada MTQ X tingkat Provinsi Gorontalo yang dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango akhir Juni ini,” jelas Ibrahim.

Menurut Ibrahim, ini bukanlah pekerjaan yang mudah bagi peserta, pelatih, pemerintah maupun lembaga, untuk menampilkan yang terbaik dan menunjukan kualitas peserta utusan Pohuwato. Maka dari itu pada TC ini dihadirkan narasumber untuk mengevaluasi seluruh peserta.

”Ada tiga komponen yang harus kita terapkan dalam kegiatan ini yakni kesadaran, keikhlasan dan kebersamaan atau kerjasama. Artinya, dengan pola tersebut insya Allah para peserta bisa tampil dengan baik. Untuk itu ikuti dengan baik apa yang disampaikan oleh narasumber,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Pohuwato, Ibrahim DJ. Noor menambahkan, guna persiapan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Gorontalo maka TC penting dilaksanakan.

”Peserta ini adalah para peraih juara 1 pada MTQ tingkat Kabupaten, sehingga dipandang mampu untuk mengikuti ajang tingkat provinsi. Untuk itu dengan adanya TC yang berlangsung 3 hari dari 16 hingga 18 Juni ini dapat diikuti dengan baik, karena 38 orang peserta ini dipandang memenuhi syarat,” pungkasnya. (rik)

banner 468x60