Kambing Berkeliaran Jelang Festival Pantai Pohon Cinta, Perda Hewan Lepas Dipertanyakan

WARTANESIA – Menjelang perayan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Pohuwato, yang dirangkaikan dengan peringatan 1 tahun pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan Suharsi Igirisa, yang dipusatkan di kawasan wisata Pantai Pohon Cinta, menuai sejumlah komentar.

Salah satunya yakni keberadaan hewan lepas di kawasan wisata tersebut. Warga pengunjung pun mengeluhkan kondisi yang terjadi.

banner 468x60

Ini karena, perayaan hari besar daerah ini bakal menggelar kegiatan Festival Pesona Pantai Pohon Cinta. “Kami ke sini mau liburan. Katanya nanti ada festival Pantai Pohon Cinta. Tapi banyak kambingnya. Apakah di sini (Pohuwato) tidak ada perda hewan lepasnya,” tanya salah satu pengunjung asal Kabupaten Boalemo, Harton Ishak, Sabtu (19/2/2022).

“Kalau begini sudah pasti mengganggu kenyamanan pengunjung, dan juga bisa memicu kecelakaan. Kambing-kambing itu banyak di jalanan dari kami masuk ke sini,” ungkapnya.

Dikonfirmasi, Plt. Kepala Dinas Satpol PP Pohuwato, Yunus Mohamad mengatakan bahwq, pihaknya sudah mengerahkan anggota untuk melakukan penertiban.

“Soal hewan lepas ini adalah tanggungjawab kami. Namun demikian, kami tidak bisa bekerja sendiri. Kesadaran masyarakat dalam menjaga dan memelihara hewan ternaknya sangat berpengaruh,” kata Yunus.

“Kami pastikan, ke depan akan kami tindak tegas bagi warga yang tidak mengindahkan aturan yang ada,” tegas Yunus Mohamad. (Lan)

banner 468x60