Desa Sipayo Jadi Wakil Paguat Pada Launching RTP2S

WARTANESIA – Usai launching RTP2S di Kecamatan Dengilo, rombongan Pemerintah Daerah yang di pimpin langsung oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bertolak ke Kecamatan Paguat, tepatnya di Desa Sipayo.

Masih dengan agenda yang sama, Bupati Saipul melaunching RTP2S Desa Sipayo, Kecamatan Paguat yang ditandai dengan pengguntingan pita, Jum’at (14/01/2022).

banner 468x60

Dijelaskan Bupati Saipul, bahwa saat ini sudah 8 kecamatan yang di launcing RTP2S, sehingga tersisa 5 kecamatan lagi yang diharapkan 13 kecamatan bisa selesai pelaksanannya.

Seperti di beberapa kecamatan, bupati selalu menekankan tujuan dan manfaat dari RTP2S itu sendiri, sehingga diminta implementasinya setelah launcing.

Adanya RTP2S tentu tidak sebatas pencegahan stunting melainkan rumah tangga itu keluar dari kemiskinan, karena berbagai bantuan akan diberikan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Gerbos Emas, Irfan Saleh menjelaskan, RTP2S ini target akhirnya yakni rumah tangga atau anak itu keluar dari stunting, karena setelah ini akan di pantau terus yang suatu saat kita akan melaksanakan wisuda RTP2S.

“Wisuda RTP2S itu memastikan prilaku hidup rumah tangga itu sudah bagus, pekarangannya termanfaatkan dengan tanaman sayur-sayuran, sanitasnya betul-betul sudah sesuai yang dianjurkan oleh kesehatan dan dipastikan keluar dari stunting,” jelasnya.

Dalam kurun waktu 3 tahun akan dilakukan pemantauan kembali, setelahnya akan dibentuk lagi alumni-alumni RTP2S.

Setelah lima tahun dilanjutkan dengan program-program lain berupa dari pendidikan semisal bantuan pakaian, di pastikan akan masuk sekolah.

Dari stunting ini akan berkelanjutan seperti akan di evaluasi dan kita wujudkan dalam bentuk Peraturan Bupati, dan ini akan selalu dilakukan pengawasan. (Wan/Rik)

banner 468x60