Syarif Mbuinga Diundang Ombudsman, Ada Apa?

WARTANESIA – Syarif Mbuinga, adalah mantan kepala daerah (Bupati) yang dianggap sukses dalam melaksanakan sistem pelayanan publik, selama memimpin Kabupaten Pohuwato (2010-2015 / 2016-2021).

Ini sebagaimana disampaikan oleh Ir. Alim S. Niode, M.Si., usai berkunjung ke kediaman Syarif Mbuinga, pada Kamis (11/11/2021).

banner 468x60

Menurut Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Gorontalo ini, kurun waktu 8 tahun Ombudsman berada di Serambi Madinah (julukan Provinsi Gorontalo), pihaknya menilai sosok Syarif adalah pemimpin sukses.

“Selama Delapan tahun kami di Provinsi Gorontalo, berdasarkan penilaian kami, kunci penting suksesnya pelayanan publik itu ada di political will kepala daerah. Dan itu kami temukan pertama kali di Pohuwato di masa kepemimpinan Bapak Syarif Mbuinga sebagai Bupati Pohuwato, di tahun 2017,” ungkap Alim Niode.

Selain silaturahmi, pertemuan tersebut kata Alim, sekaligus mengundang Syarif Mbuinga, untuk hadir pada agenda kunjungan Ketua  Ombudsman Republik Indonesia, Mokhammad Najih SH MHum PhD, yang bakal berlangsung pada tanggal 6 hingga 11 Desember 2021.

Foto : Syarif Mbuinga dan Alim Niode (Lan)

“Sejak 2015, Ombudsman melakukan survey kepatuhan Undang-undang tentang pelayanan publik nomor 25. Menariknya, Pohuwato, satu kali disurvey, itu kepatuhannya hijau. Nah kami berniat mengundang Pak Syarif nanti, untuk hadir saat pimpinan kami berkunjung ke Provinsi Gorontalo,” kata Alim.

“Kami ingin, ini disampaikan oleh Pak Syarif, agar diketahui publik. Tujuannya ialah menjadi contoh bagi daerah lain, agar terus memacu sistem pelayanan publik lebih baik,” tukasnya.

Sementara itu, Syarif Mbuinga mengatakan, dirinya tidak menyangka bakal diundang oleh Ombudsman. “Kaget, tidak menyangka, saya diundang nanti untuk berbicara. Namun demikian, Insha Allah saya bakal hadir. Terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan,” ujar Syarif Mbuinga. (Lan)

banner 468x60