Bantaran Muara Sungai Lemito Bakal Jadi RTH

WARTANESIA – Muara sungai di Desa Lemito, Kecamatan Lemito, yang berada tepat di sisi  jalan menuju pantai, bakal dinormalisasi dan ditimbun oleh pemerintah, melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS).

“Penimbunan itu karena jalur air menuju laut akan diluruskan sehingga tidak berbelok seperti yang ada saat ini. Namun tentu sebelum dilakukan penimbunan terlebih dahulu akan dinormalisasi,” ungkap Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat melakukan peninjauan lokasi bersama pihak BWSS, didampingi Anggota DPRD Pohuwato, Yunus A. Usman, dan Camat Lemito, Ben Masengge, Sabtu (30/10/2021).

banner 468x60

Saipul menjelaskan bahwa, jalur sungai akan dinormalisasi sehingga bisa lurus dan tidak berbelok seperti yang ada saat ini. “Nantinya muara yang ada ini akan ditimbun dan diatasnya ada ruang terbuka hijau (RTH). Selain itu juga, tentu dengan penimbunan ini nantinya jalan menuju perkampungan akan dilebarkan sehingga tidak sempit lagi seperti yang ada sekarang,” bebernya.

Pada tahap awal ini kata Saipul, pihak BWSS melakukan pengecekan kondisi lokasi pekerjaan. Dan hasilnya, akan disampaikan ke pemerintah pusat melalui kementerian.

“Kita doakan saja semoga upaya ini bisa berhasil sehingga secepatnya bisa dikerjakan dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Dukungan dari semua pihak terutama dari masyarakat Lemito, sangat diharapkan. Sehingga apa yang diimpikan bisa segera terwujud,” tutup Bupati Saipil. (Wan)

banner 468x60