Masih Ingat Nenek Fatma Niode? Penderita Tumor Wajah dari Buntulia Barat, Begini Kondisinya Sekarang

WARTANESIA – Masih ingat dengan Fatma Niode? Wanita lanjut usia (Lansia) asal Desa Buntulia Barat, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato? Penderita tumor di bagian wajah ini berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor, di Rumah Sakit Umum Aloei Saboe (RSAS), Gorontalo, pada Senin (23/8/2021).

Keberhasilan proses operasi yang dijalani Fatma Niode, tidak lepas dari upaya serius Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, yang sejak awal memberikan perhatian penuh kepada ibu yang hanya tinggal sebatang kara dengan latar belakang ekonomi kurang mampu itu.

banner 468x60

Alhasil, melalui rangkaian tindakan oleh pihak dokter di RSAS, operasi pengangkatan tumor yang memakan waktu kurang lebih 12 jam itu, berjalan lancar. “Alhamdulillah, operasi beliau (Fatma Niode) berjalan lancar. Memakan waktu kurang lebih 12 jam, dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Kami terus berkoordinasi dengan dokter di sana selama beliau dirawat,” ungkap Bupati Saipul di sela-sela kegiatan pemerintahan pada Selasa (24/8/2021).

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat mengunjungi warganya (Fatma Niode), di RSAS Gorontalo. (Foto sebelum operasi/Iwan Karim).

Dari hasil operasi yang dilakukan, pihak RSAS berhasil mengangkat seberat 12 Kg tumor dari wajah Fatma Niode. “Informasi yang kami terima, 12 kilo gram tumor berhasil diangkat oleh dokter. Saat ini kondisinya stabil dan tengah dirawat. Selanjutnya, soal kebutuhan darah, kami dari Palang Merah Indonesia Pohuwato, juga telah terpenuhi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretarsi PMI Pohuwato, Worang Daud menambahkan, ketersediaan darah yang dibutuhkan oleh RSAS terkait operasi yang dijalan Fatma Niode, pihaknya telah berkoordinasi dengan Unita Transfusi Darah (UTD) PMI Gorontalo. “Alhamdulillah, kebutuhan darah yang diminta oleh RSAS, sudah terpenuhi, kami diback up oleh PMI Gorontalo,” tukas Worang Daud. (Lan)

banner 468x60