Pemdes Karangetan Bangunkan Petani Gudang Jagung, Bupati : Akan Berdampak Besar

WARTANESIA – Dalam rangka menunjang peningkatan kapasitas petani, Pemerintah Desa Karangetan Kecamatan Dengilo, Kabupaten Pohuwato, membangun gudang jagung.

Pembangunan fasilitas pertanian ini ditandai dengan peletakan batu pertama proses pembangunan, yang dilakukan oleh Bupati Pohuwato, Saipul. A. Mbuinga, yang didampingi Kapolres Pohuwato, AKBP. Joko Sulistiono, S.IK, SH., MH., Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh,  serta Camat Dengilo, Nakir Ismail, pada Kamis (12/8/2021).

banner 468x60

Nantinya, bangunan berukuran 8×6 Meter yang berada di Dusun Tikala itu, selain difungsikan sebagai gudang jagung, juga rencananya akan diisi dengan fasilitas gilingan jagung. “Terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Karangetan, melalui Pak Kades, akan sangat berdampak besar bagi petani dalam menyimpan jagung, terlebih lagi akan ada gilingan jagung di tempat ini,” ujar Saipul.

“Semoga masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas yang disediakan oleh pemerintah desa, karena bangunan ini diperuntukkan bagi masyarakat tani itu sendiri,” sambungnya.

Sementara itu, Kades Karangetan, Nahemya Bawole menjelaskan bahwa, bangunan yang dibiayai degan dana desa sebesar Rp. 80.896.900 itu merupakan dana anggaran tahun 2021.

“Di gudang ini nantinya akan ada juga gilingan jagung. Ini dalam rangka pemanfaatan jagung yang ada di karangetan. Besar harapan kami kiranya fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat karangetan yang bertujuan memberi semangat dan motivasi bagi masyarakat tani khusunya dalam hal membangun desa karangetan itu sendiri,” jelasnya. (wan)

banner 468x60