Karena SMS, Kini Anak Petani Berprestasi di Pohuwato, Bisa Kuliah Gratis di Polbangtan Malang

WARTANESIA – Dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Pohuwato, di bawah kendali Bupati dan Wakil Bupati, Saipul A. Mbuinga dan Suharsi Igirisa (SMS), terus melakukan upaya-upaya serius dalam mewujudkan hal tersebut.

Ini dibuktikan ole Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Plt, Kadis Pertanian, Ikbar AT. Salam, dan Kabag Tapem, Heriyanto Uwete, serta pihak Baperlitbang, Mohamad Rozlan Tawaa, menghadiri penandatanganan kerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian, Malang, Jawa Timur, yang dirangkaikan dengan Dies Natalis Kampus, di Sasana Giri Sabha, Polbangtan, Malang, Kamis (24/6/2021).

banner 468x60

Kerja sama yang di tandatangani oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan Direktur Polbangtan, Malang, Dr. Setya Budi Udrayana, adalah kerja sama dalam hal pengembangan peningkatan SDM Pohuwato, di bidang pendidikan, terutama di sektor pertanian dan peternakan yang turut disaksikan oleh Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr., selaku Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.

Saipul Mbuinga menjelaskan, dengan adanya kerjasama ini, daerah (Pohuwato) mendapatkan apresiasi dan dukungan baik dari Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian, Malang, dan juga kerja sama Kepala Badan Pengembangan SDM Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Foto bersama usai penandatanganan MoU Pemda Pohuwato dan Polbangtan, Malang.

“Kepala daerah sangat memperhatikan pengembangan SDM khususnya di bidang pertanian, hal ini tentu akan membantu peningkatan sumber daya alam dan sumber pendapatan petani, dan hal ini akan menjadi role model oleh daerah lain,” ungkap Saipul.

Pada kesempatan tersebut, terungkap pula bahwa, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mendapatkan peluang untuk mengembangkan SDM bagi ASN, maupun P3K untuk melanjutkan studi dan mendapatkan beasiswa oleh pihak kampus.

Tidak hanya itu, peluang ini pula diberikan kepada anak petani berprestasi, untuk melanjutkan studi di kampus tersebut dan dibiayai oleh kampus dengan sistem full proteksi.

“Ya, pemerintahan hari ini sangat serius dalam hal peningkatan SDM, jika SDM kita kuat bukan tidak mungkin daerah kita akan lebih maju. Kita memiliki SDA yang baik tentu harus diimbangi dengan ketersediaan SDM. Olehnya kita tidak bisa berhenti untuk manyiapkan SDM yang akan menopang SDA pohuwato,” pungkas Saipul. (wan)

banner 468x60