Guru Idi ke SMS : 20 Program Gratis Jangan Hanya Syurga Telinga

WARTANESIA – Wakil Ketua DPRD Pohuwato, Idris Kadji, meminta pemerintah memperjelas soal 20 program gratis yang dijanjikan pasangan SMS (Saipul A. Mbuinga dan Suharsi Igirisa), pada Pilkada tahun 2020 kemarin.

Sebab menurutnya, setelah terpilih dan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, 20 program gratis dimaksud, masih membingungkan publik. “Kalau gratis itu setahu kami tidak perlu banyak embel-embel. Namun yang ada sekarang, masyarakat masih disibukan dengan banyaknya administrasi. Macam-macam foto kopi. Harusnya kalau gratis, cukup dengan KTP saja, jangan dipersulit lagi,” kata Idris Kadji, Senin (7/6/2021).

banner 468x60

“Urus kelahiran, urus bantuan, pendidikan, semua rata-rata kami lihat masih harus penuhi macam-macam administrasi. Foto kopi ini dan itu, semua pakai uang. Berarti bukan gratis. Masih pakai biaya. Harusnya cukup bawa KTP saja. Di situ kan hanya ada satu nomor induk dan datanya terintegrasi,” sambung Aleg yang akrab disapa Guru Idi ini.

Idris mengaku, sudah menyampaikan hal ini secara langsung, baik kepada Bupati, maupun Wakil Bupati Pohuwato. “Saya sudah sampaikan. Tolong ini diperjelas. Lakukan lagi sosialisasi di masyarakat. Jangan sampai 20 program gratis yang dijanjikan hanya syurga di telinga. Ujung-ujungnya masyarakat mengeluh. Harap ini diperjelas,” pintanya.

Tidak hanya itu saja, Idris juga memberikan masukan kepada pemerintah, untuk memberikan penguatan lewat penambahan porsi anggaran terhadap dunia pendidikan, pertanian, dan kesehatan. “Kalau tiga hal ini kuat di daerah, Insha Allah tidak akan ada masalah yang berarti di masyarakat,” tukas Idris Kadji.

Adapun ke 20 program gratis pemerintahan SMS yakni :


1. Gratis biaya persalinan.

2. Gratis makanan bergizi bagi balita dan ibu menyusui.

3. Gratis internet untuk milenial dan komunitas kreatif.

4. Gratis bisnis coaching untuk pebisnis pemula.

5. Gratis bantuan usaha mikro dan bisnis rintisan.

6. Gratis bantuan pupuk dan bibit bagi petani.

7. Gratis bantuan jaring dan alat tangkap bagi nelayan.

8. Gratis izin usaha kecil dan menengah.

9. Gratis beasiswa perguruan tinggi.

10. Gratis biaya di puskesmas dan RSUD.

11. Gratis beasiswa bagi calon Hafiz Quran (1 desa 1 hafiz)

12. Gratis bantuan bagi para imam, pegawai syara, pemangku adat, mubalig non PNS, guru TPQ, guru mengaji dan petugas jenazah.

13. Gratis akta lahir.

14. Gratis KTP dan kartu keluarga.

15. Gratis akta nikah.

16. Gratis bantuan rekening listrik.

17. Gratis pajak bumi bangunan.

18. Gratis bantuan rekening air bersih.

19. Gratis ambulan pemakaman.

20. Gratis bantuan kedukaan. (Lan)

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *