Bentuk Generasi Berkarakter, Kodim 1313 Pohuwato Gelar Pramuka Saka Wira Kartika

WARTANESIA – Kodim 1313/Pohuwato menggelar Pramuka Saka Wira Kartika, Sabtu (22/5/2021) di Lapangan Makodim 1313/Pohuwato. Dandim 1313/Pohuwato Letkol Czi Purbo Awin Niarto S.Si, M.M (Kamabisaka) bertindak sebagai pimpinan upacara pembukaan.

“Membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat bela negara,” ucap Dandim 1313/Pohuwato Letkol Czi Purbo Awin Niarto dalam sambutannya,

banner 468x60

Kesempatan itu, Letkol Czi Purbo menyampaikan beberapa hal tujuan pelaksanaan kegiatan diantaranya yaitu memberikan pendidikan kesadaran bela negara secara dini dalam mencegah pudarnya rasa cinta tanah air akibat maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa. Ia menekankan pentingnya Bhineka Tunggal Ika-an dalam kehidupan masyarakat.

“Memberi keterampilan kepada generasi muda yang diwadahi kedalam lima Krida yaitu Krida Navigasi Darat, Mountenering, Pioneering, Survival, Penanggulangan bencana sebagai bekal dalam bekerja dan mengabdi kepada Masyarakat,” lanjutnya

Ditambahkan, mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal positif dengan dasar metode kegiatan pramuka menjadikan diri kita memilki jiwa Pancasila, Setia dan patuh kepada NKRI serta berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Banyak pengalaman yang kita petik dimana Mental Sikap kita akan terbentuk dari kegiatan Pramuka. Isilah waktu muda mu dengan kegiatan yang positif dan kreatif,” imbuhnya

Untuk diketahui kegiatan itu mengusung tema “Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika guna membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan”.

Turut hadir pembina Pramuka dari perwakilan Sekolah – sekolah tingkat SMA, SMK, MA di kabupaten Pohuwato dan kabupaten Boalemo.Dan sejumlah peserta Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1313/Pohuwato. (Wn/Tim)

banner 468x60