Sejumlah Desa di Popayato Diterjang Banjir, Suharsi Turun Langsung Pastikan Kondisi Masyarakatnya

WARTANESIA – Akibat hujan deras yang terjadi pada Selasa (18/5/2021) siang hingga malam hari, mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Popayato, diterjang banjir jelang tengah malam, sekitar pukul 22.00 Wita. Desa-desa tersebut yakni Desa Tunas Harapan, Bukit Tingki, dan Desa Popayato.

“Ya benar, beberapa desa seperti Bukit Tingki, Tunas Harapan dan Popayato, sedang banjir. Debit air diperkirakan akan terus naik. Saat ini sudah setinggi lutut orang dewasa,” ungkap Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, kepada awak media ini.

banner 468x60

Bahkan, rumah pribadi milik wakil Bupati Pohuwato ini pun tak luput dari terjangan banjir. “Rumah saya juga masuk air. Kami sementara melakukan evakuasi barang-barang. Saat ini saya sedang turun langsung ke sejumlah titik melihat kondisi masyarakat, memastikan mereka selamat dulu,” kata dia.

Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, saat turun langsung ke lokasi banjir. (Mls)

“Saya sudah koordinasikan dengan beliau Pak Bupati dan instansi terkait. Pak Bupati sementara menuju ke sini. Instansi terkait seperti BPBD juga sudah di perjalanan. Saat ini Basarnas dan Tim Sar sudah kami kerahkan ke sejumlah titik untuk melakukan proses evakuasi warga jika dianggap membahayakan,” jelas Suharsi.

Untuk data jumlah rumah warga yang terendam, Suharsi menyampaikan bahwa, pemerintah masih akan menunggu laporan dari masing-masing desa.

“Untuk jumlah rumah terendam dan juga lainnya, kita masih menunggu laporan dari pemerintah desa. Belum diketahui berapa jumlah rumah dan jiwa terdampak banjir. Masih sementara didata dulu,” tutup Wabup Suharsi. (Lan)

banner 468x60