Disdukcapil Lahirkan Inovasi SMS KIA dan Pak Madi Ala Disdik

WARTANESIA – Penandatanganan perjanjian kerja sama, pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2021, dilaksanakan di Ruang Meeting Kantor Bupati pada Kamis (29/4/2021).

Inisiasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) ini, melibatkan beberapa OPD, diantaranya Dinas Pendidikan, Dinas Koperindag, dan Dinsa Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

banner 468x60

Kegiatan dimaksud dihadiri oleh Assiten Kesra Hamka Nento, Plt. Kadis Dukcapil, Ahmad Djuuna, Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga, Arvan Tangoi, Kadis Koperindag, Zulkifli Umar dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Fardan Karim.

Assisten Kesra, Hamka Nento, menyampaikan, tujuan dari kerjasama ini untuk menciptakan terobosan dan inovasi pelayanan terkait Kartu Identitas Anaka ( KIA), dengan menggandeng beberapa OPD terkait.

“Dokumen kependudukan seperti KTP, dan KIA adalah dokumen yang sangat penting, karena di era sekarang, Pemerintah sudah menganut sistem identitas tunggal,” Ujar Hamka.

Hamka juga menambahkan, pemberian identitas kependudukan kepada anak akan mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik, untuk mewujudkan hak terbaik anak, ia berharap hal ini bisa segera terlakasan.

“Inovasi layanan Dukcapil yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) ini, diberi nama SMS KIA (solusi masuk sekolah kartu identitas anak), dan PAK MADI (Pakai KIA Murah Dan Dapat Discount), semoga ini bisa segera terlaksana,” Tukasnya. (Hms Wan/Yo)

banner 468x60