Cuma 3 Jam, Mesin Pupuk DNR Hasilkan Pupuk Organik Probiotik Berkualitas

WARTANESIA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato bekerja sama dengan PT. Dos Ni Roha (DNR) Corppration Jakarta, gelar Sosialisasi Pembanguna Pabrik Pupuk Organik Probiotik, di Gedung Panua pada Selasa (20/4/2021).

Didampingi Asissten II Rusmiyati Pakaya, Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga membuka secara resmi sosilisasi yang dihadiri salah Satu Direktur DNR, Agus Mile, dan Cipto Hardiyanto, sebagai pemateri, serta Plt Kadis Pertanian, dan Kepala Baperlitbang, yang diikuti oleh para Kepala Desa, kelompok tani, serta sejumlah pengurus Bumdes di Pohuwato.

banner 468x60

Dalam sambutannya Bupati Saipul menyampaikan bahwa luasan lahan pertanian sawah potensial di Kabupaten Pohuwato sekitar 3100 hektere, sementara luas lahan kering sekitar 44 ribu hektare, menurutnya dengan luasan tersebut, pertanian Pohuwato membutuhkan pupuk dalam jumlah yang tidak sedikit.

“Luasan lahan di Pohuwato adalah gambaran kebutahan akan pupuk bagi petani yang sangat besar,” Tutur Saipul.

Sementara itu Cipto Hariyanto, selaku pemateri menyampaikan, DNR Corporation memiliki produk mesin permentasi pembuat pupuk, yang dapat meghasilkan pupuk organik probiotik dalam waktu tiga jam, bahkan kurang, yang hasil pengolahannya tidak berbau, serta sudah lolos uji standar mutu sesuai SNI 7763;2018.

“Bahan bakunya dari limbah kotoran ayam, kotoran sapi, sisa-sisa dapur, bonggol jagung, sekam padi, ampas tahu, dan daun-daunan, bisa menghasilkan pupuk organik probiotik berkualitas tinggi dalam waktu tiga jam bahkan kurang,” Pungkasnya. (Yo)

banner 468x60