Odha di Pohuwato Terima Paket Sembako Dari KPA

WARTANESIA – Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Pohuwato membagikan paket sembako kepada orang dalam HIV/Aids (ODHA), yang dilakukan oleh Wakil Bupati Suharsi Igirisa, selaku Ketua Harian KPA Pohuwato.

Didampingi Asisten Perekonomian, Rusmiyati Pakaya, Wabup Suharsi menyerahkan bantuan secara simbolis, diruangn kerjanya, pada Senin (12/4/2021).

banner 468x60

Selaku pemerinta, Suharsi berharap Daerahnya terbebas dari HIV/Aids, serta bantuan bagi para ODHA lebih meningkat kedepannya.

” Kami berharap kedepan bantuan-bantuan seperti itu lebih banyak lagi, dengan harapan insya allah kita terbebas dari HIV/Aids,” Tutur Suharsi.

Sementara itu Sekretaris KPA Pohuwato, Juli K Hamzah menuturkan, pemberian paket sembako telah menjadi agenda rutin tahunan, yang bertujuan menciptakan lingkungan yang kondusif, untuk perubahan perilaku yang beresiko pada individu, dan kelompok.

“Paket sembako seperti ini setiap tahun dan menjadi rutin bagi kami di KPA bagi mereka yang terdampak ODHA,” Tuturnya.

Julik menambahkan perang melawan HIV/Aids membutuhkan kepemimpinan dari pejabat pemerintah, menurutnya HIV/Aids adalah bagian krisis kesehatan yang merupakan ancaman dalam pembangunan bangsa, yang perlu ditangani secara komprehensif.

“Dari 91 total ODAH di Pohuwato, yang hidup saat ini berjumlah 54 orang, penanggulangan HIV/Aids dapat berhasil apabila dilaksanakan secara komprehensif (pencegahan pengobatan dan mitigasi) lintas sektor serta adanya kesungguhan dari semua pihak,” Imbuhnya. (Hms Wan/Yo)

banner 468x60