Jadi Daerah Pertama Kelulusan UKW Tertinggi, Syarif: Pohuwato Kiblat Jurnalis di Provinsi Gorontalo

WARTANESIA – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Muda, yang diikuti sebanyak 18 wartawan yang bertugas dan tegabung dalam Aliansi Jurnalis Pohuwato, resmi ditutup pada Rabu (3/2/2021).

Penutupan ini dilakukan di Aula Panua Kantor Bupati Pohuwato, dan dihadiri langsung oleh Bupati Syarif Mbuinga.

banner 468x60

Di hadapan tim lembaga penguji dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogjakarta, Syarif Mbuinga menyampaikan bahwa, Kabupaten Pohuwato layak disebut kiblat jurnalis di Provinsi Gorontalo.

“Alhamdulillah, meski untuk pertama kalinya digelar UKW ini, namun andil jurnalis lewat redakasi berita terhadap perkembangan daerah, sangat luar biasa. Isyu-isyu berita yang disajikan jurnalis di Pohuwato bahkan menasional. Maka tidak berlebihan rasanya jika saya katakan bahwa Pohuwato kiblat jurnalis di Provinsi Gorontalo,” ungkap Syarif.

Ia pun berharap, lewat kegiatan ini, para insan pers yang sudah mengikuti UKW, dapat menjadi jurnalis yang profesional.

“Bagi yang belum lulus, saya minta jangan berkecil hati. Masih ada kesempatan selanjutnya dan kami yakin, pemerintah selalu mensuport,” ujar Syarif.

Sementara itu, Wakil Direktur UKW UPN Veteran Jogjakarta, Drs. Arif Wibawa M.Si., mengatakan bahwa, Pohuwato pencetak rekor dengan persentase kelulusan terbesar di seluruh Indonesia.

“Selama kami melaksanakan UKW ini, Pohuwato jadi daerah pertama dengan persentase kelulusan tertinggi yakni sekitar 90 persen,” ujar Arif yang didampingi oleh sejumlah penguji lainnya.

Pelaksanaan UKW ini sendiri digelar selama 2 hari sejak Selasa (2/2/2021), hingga Rabu (3/2/2021). Agenda ini dilaksanakan di dua tempat yakni Kantor Bupati dan Gedung DPRD Pohuwato. (Lan)

banner 468x60