Pohuwato Bakal Punya Tambang Tembaga, Investornya dari Singapura

WARTANESIA – Setelah tambang emas, kedepan Kabupaten Pohuwato bakal memiliki satu lagi sektor pertambangan mineral yang bakal dikelola investor, yakni tembaga. Hal ini terungkap dari pertemuan yang dilakukan oleh salah satu pengusaha asal Jakarta, Izhar Wakiden, dengan Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, Senin (17/1/2021).

Usai agenda tersebut, Izhar mengatakan bahwa, pihaknya akan memboyong investor ke Pohuwato, untuk memaksimalkan sumber daya alam lewat kerjasama di bidang pengelolaan mineral yang ada.

banner 468x60

“Ada beberapa lokasi bahari yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Jika itu dimaksimalkan, maka perekonomian daerah juga akan meningkat,” ungkap Izhar.

Menurutnya, pertemuan antara dirinya dan Bupati Pohuwato, merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kita sempat diskusi di Jakarta. Kami diskusi banyak hal tentang daerah, termasuk sumber daya alam yang berpotensi bisa dikelola investor. Kebetulan kami punya jaringan di Singapur. Insya Allah segera mereka akan melakukan kerjasama investasi di bidang mineral tembaga,” beber Izhar.

Sementara itu, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Pohuwato selalu terbuka dengan para investor yang siap berkomitmen dengan pembangunan daerah.

“Apa lagi beliau (Izhar Wakiden) adalah putra daerah. Beliau sukses jadi pengusaha di Jakarta. Ya kita selalu siap dan terbuka,” kata Syarif.

Soal regulasi, Bupati Pohuwato dua periode ini mengatakan bahwa, hal tersebut merupakan kewenangan penuh pemerintah pusat.

“Kami di daerah hanya bisa memberikan informasi dan peluang, membuka data. Menyangkut ijin, itu semua sepenuhnya ada di pusat karena kewenangan itu ada di sana,” tukas Bupati Syarif. (Lan)

banner 468x60