439 Pengawas TPS di Pohuwato Resmi Dilantik, Bawaslu Beri Pesan Jaga Integritas

WARTANESIA – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Pohuwato telah selesai melakukan pelantikan 439 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Hal itu diungkapkan oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Pohuwato, Amran Hulubangga kepada awak media ini. Dirinya mengatakan jika pelantikan PTPS telah dilaksanakan di 13 Kecamatan se-Pohuwato.

banner 468x60

“Hari ini telah selesai dilantik oleh Panwascam di 13 kecamatan sebanyak 439 PTPS. Mereka masing-masing akan ditempatkan di 439 TPS,” kata Amran via telepon whatsapp, Senin (22/01/2024).

Amran mengatakan, PTPS memiliki beberapa tugas penting, diantaranya pencegahan dugaan pelanggaran Pemilu, pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu dan pengawasan pergerakan hasil penghitungan suara.

“Tugas PTPS lainnya adalah penerimaan laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu dan penyampaian laporan dan/atau temuan dugaan pelanggaran Pemilu atau pemilihan kepada Panwaslu Kecamatan/Panwas Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa/PPL,” lanjutnya.

Amran menekankan kepada seluruh Anggota PTPS yang sudah disumpah ataupun dilantik  agar fokus melakukan pemantauan serta pengawasan di setiap TPS. Tentunya sebagaimana Tugas dan Wewenang dari PTPS.

“Ayo kita bekerja secara kolektif dan satu tim dalam mempertanggungjawabkan dengan integritas tinggi, saya yakin seyakin-yakinnya rekan-rekan dari PTPS ini dapat bekerja secara profesional dalam pengawasan Pemilu 2024,” katanya.

Amran berharap Anggota PTPS dapat terus bekerja penuh waktu, bertindak netral dan tidak memihak kepada partai politik, calon dan peserta Pemilu tertentu.

“Juga akan menyampaikan informasi penyimpangan etika dan integritas di panitia pemilihan kecamatan dan turut menjaga kerahasiaan saksi dan pelanggaran peraturan yang dilaporkan,” tandasnya. (rik)

banner 468x60