Pesan Menyentuh Syarif di HUT ke-42 Transmigrasi, Warga Bilang Begini

WARTANESIA – Memperingati hari jadinya yang ke-42 tahun (1981-2023), masyarakat transmigrasi Desa Manunggal Karya, Kecamatan Randangan, menggelar pesta rakyat pada Selasa (17/1/2023).

Bertempat di lapangan olahraga desa setempat, pesta rakyat ini dihadiri oleh Syarif Mbuinga. Spesialnya, mantan Bupati Pohuwato 2 periode ini diundang sebagai tamu kehormatan pada kegiatan yang dihadiri ribuan warga transmigrasi dan non transmigrasi se-Kecamatan Randangan.

banner 468x60

“Beliau kami undang sebagai tokoh Kabupaten Pohuwato. Kami warga sangat mengagumi beliau. Sosok politikus dan juga tokoh masyarakat yang telah banyak memberi perhatian kepada kami. Tidak hanya saat beliau menjabat sebagai Bupati Pohuwato, tapi sampai saat ini perlakuan dan perhatiab beliau ke kami masih tetap sama. Beliau adalah tokoh panutan kami,” ungkap warga transmigrasi sekaligus Panitia kegiatan, Nasiron.

Sementara itu, dalam sambutannya Syarif Mbuinga menyampaikan bahwa, keberadaan warga transmigrasi memiliki peran besar terhadap daerah.

“Keberadaan saudara-saudari kita khususnya warga transmigrasi, telah memberikan pengaruh dan dampak  terhadap daerah. Dari mereka kita belajar apa itu persaudaraan, arti kemajemukan dan kebersamaan, serta soliditas yang tinggi,” ungkap Syarif.

“42 tahun bukan perjalanan yang singkat. Perjalanan waktu yang telah mebgorbitkan tokoh, anak-anak muda hebat dan luar biasa. Bahkan banyak yang sudah berhasil. Semasa saya masih menjabat, hal yang selalu saya pesankan ialah, jika kita ingin bertani, beternak, pergilah ke Kecamatan Randangan dan Taluditi. Mereka. Di sana kita akan belajar banyak bagaimana cara bertani, beternak yang baik dan sukses, ” sambungnya.

Masih menurut dia, perkembangan dan kemajuan Pohuwato, khususnya di wilayah transimgrasi Kecamatan Randangan dan Taluditi, tidak lepas dari perjuangan berat para tokoh terdahulu.

“Sudah sepatutnya, marilah kita bertakzim, berdoa kepada Allah, Tuhan yang Maha Esa, agar para pendahulu kita, para tokoh dan pejuang keberhasilan masyarakat transmigrasi seperti Alm. KH. Abdul Ghofir Nawawi, Alm. KH. Abdul Ghofur Nawawi, diberi tempat terbaik di sisi-Nya. Mereka adalah pesohor sekalogus pejuang pendidikan di Pohuwato. Semoga keberkahan tercurahkan kepada mereka dan juga kita semua,” pungkas Syarif Mbuinga.

Peringatan HUT ke-42 masyarakat transmigrasi yang menghadirkan artis DA4 Rindi ini, turut dihadiri oleh Bupati Pohuwato, yang diwakili Asisten I, Arman Mohamad, Anggota DPRD Pohuwato Dapil Randangan dan  Taluditi, Abdullah Kadir Diko, serta Camat Randangan, Saharudin Saleh. (Lan)

banner 468x60