Arman Mohamad : Merdeka Copper Gold Adalah Perusahaan Pertambangan yang Berpengalaman

WARTANESIA – Selaku pemerhati lingkungan dan pemegang lisensi penyusunan AMDAL dari PPLH IPB, Arman Mohamad menyambut baik kehadiran dari PT PETS dan PT GSM di Pohuwato.

Menurutnya, hadirnya industri pertambangan yang dikelola secara profesional di suatu daerah tidak lepas dari dampak positif yang itu berkaitan dengan peningkatan  PAD, Penyediaan lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan yg saling terkait.

banner 468x60

Ada pula dampak negatif yang ditimbulkan, mulai dari inflasi karena tingkat konsumsi yang tinggi, kriminalitas karena adanya mobilitas masyarakat dan yang terparah adalah masalah dampak degradasi lingkungan.

“Namun dalam perjalanannya  kita harus meminimalisir dampak negatif terutama terkait dengan isu kerusakan lingkungan. Disini peran semua pihak harus ada sebagai pengontrol,” ujarnya, Jumat (21/10/2022).

Arman menyatakan bahwa saat ini pihaknya belum bisa memastikan perusahaan pertambangan di Pohuwato sudah sesuai harapan. Dirinya beranggapan jika Merdeka Copper Gold sudah sangat berpengalaman dalam hal mengelola industri pertambangan.

“Saya tidak bisa menyampaikan sudah sesuai atau tidak karena saya tidak ada standar ukurannya. Tapi jika mengamati dari luar nampaknya perusahaan ini sudah banyak berpengalaman dalam hal mengelola industri pertambangan yang ramah lingkungan sebagaimana pada beberapa perusahaan tambang emas milik merdeka group seperti di Banyuwangi, Jawa timur,” tutupnya. (rik)

banner 468x60