Site icon WARTANESIA

Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang hingga 10 September

Ilustrasi (Dok. menpan.go.id)

WARTANESIA – Untuk kalian yang mencoba peruntungan menjadi abdi negara lewat jalur CPNS, tapi belum melengkapi administrasi syarat pendaftarannya, jangan khawatir, kalian masih punya kesempatan sampai tanggal 10 September pukul 23:59 WIB.

Perpanjangan seleksi sebagaimana telah tertuang dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024 tentang, Penyesuaian Jadwal Seleksi Pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan bahwa, penyesuaian jadwal pendaftaran CPNS bertujuan untuk mengakomodir para pelamar yang belum berhasil menyelesaikan tahapan pendaftaran di portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN)

Menurut Suharmen, penyesuaian jadwal CPNS Tahun ini, terutama dilakukan karena kendala teknis terkait meterai elektronik (e-Meterai).

“Kendala teknis seperti pembelian dan pemanfaatan materai eletronik yang mengalami gangguan sehingga menghambat proses penyelesaian pendaftaran di portal, menjadi faktor utama penyesuaian jadwal dilakukan,” ungkap Suharmen yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (5/9/2024).

Suharmen juga menambahkan, kendala pembelian e-meterai oleh masyarakat di seluruh platform  Percetakan Uang Repulbik Indonesia (Peruri) tidak dapat dibebankan kepada para calon pelamar.

“Panselnas mengambil kebijakan dengan memberikan tambahan waktu pendaftaran selama 4 hari, dari sebelumnya batas waktu pendaftaran berakhir pada tanggal 6 September pukul 23:59 WIB kemudian diubah menjadi 10 September 2024 pukul 23:59 WIB,” sambungnya.

Selain itu Suharmen, optimalisasi data pengisian formasi CPNS juga menjadi pertimbangan dilakukannya penyesuaian jadwal pendaftaran, yang tahun ini tersedia alokasi 250.407 formasi bagi 69 Instansi pusat dan 478 instansi daerah.

Pemerintah ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini. Untuk itu, pelamar dapat memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal.

Terakhir Suharmen berharap, para pelamar untuk tidak melakukan pendaftaran saat mendekati akhir batas waktu untuk menghindari kendala yang tidak diinginkan.

“Kecenderungan pelamar yang mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghambat para pelamar menyelesaikan proses pendaftaran,” tutup Suharmen. (Fan)

Exit mobile version