Site icon WARTANESIA

Viral 7 Matahari Muncul di China, Pertanda Apa?

WARTANESIA – Fenomena langka penampakan 7 matahari terjadi di langit Chengdu, China, pada 18 Agustus lalu. Peristiwa ini sontak membuat masyarakat tercengang. Dlansir liputan6.com dari dari Dim Sun Daily HK, Jumat (23/8/2024), Video fenomena itu viral di media sosial China, Weibo, dan ramai dibahas.

Meski berlangsung cepat, dalam video berdurasi sekitar 1 menit itu memperlihatkan tujuh matahari yang bervariasi dalam intensitas cahaya dan suhu warna. Ada yang tampak terang, ada juga yang tampak redup di balik awan.

Menurut para ilmuwan, fenomena ini bukanlah keajaiban atau sesuatu yang mistis. Ilusi optik tersebut disebabkan oleh pembiasan dan pantulan cahaya melalui lapisan kaca berlapis. Pengaruh sudut pandang juga mempengaruhi jumlah bayangan yang terlihat.

Melansir dari Dim Sun Daily HK, fenomena ini terjadi akibat pembiasan dan pemantulan cahaya.

Wakil Presiden Masyarakat Astronomi Amatir Sichuan, Zeng Yang menjelaskan bahwa, fenomena ini muncul karena kaca berlapis di sekitar lokasi. Setiap lapisan kaca menciptakan bayangan virtual dari matahari asli.

“Jumlah bayangan bisa bervariasi tergantung sudut pandang,” kata Zeng.

Fenomena ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Ilmuwan menekankan bahwa fenomena serupa sering terlihat di berbagai tempat. Penyebabnya selalu sama, yakni interaksi cahaya dengan benda-benda tertentu di atmosfer atau lingkungan sekitar. (**)

Exit mobile version