Site icon WARTANESIA

Jika Saipul dan Iwan Lawan Kotak Kosong, Menang atau Kalah?

Kolase Saipul A. Mbuinga - Iwan S. Adam (Yayat Dangkua/wartanesia.id)

Pilkada Pohuwato tahun 2024 diprediksi berbeda dari sebelumnya. Ini karena, Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan Iwan S. Adam, disebut-sebut maju tanpa lawan. Jika benar terjadi, maka keduanya berpotensi melawan kotak kosong.


Sebab, Partai Golkar yang katanya menggusung Suharsi Igirisa dan Ibrahim T. Sore, sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato pun belum mengeluarkan rekomendasi sebagai syarat afdolnya restu partai.


Lantas, apakah Iwan dan Saipul akan menang melawan kotak kosong? belum tentu. Kalah? apa lagi. Sebab, jika melihat kekuatan keduanya. Bukan tidak mungkin Bapaslon SIAP akan mendulang kemenangan lebih dari 70 persen.


Berkaca pada Pilkada tahun 2020, meski kalah, Iwan yang merupakan lawan Saipul kala itu, berhasil meraup 27.200 suara. Selisih 9.990 suara dari Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Saipul A. Mbuinga dan Suharsi Igirisa, yang mengantongi 37.190 suara.


Itu artinya, lawan kotak kosong ataupun kandidat lainnya, Saipul-Iwan lebih berpeluang menangkan Pikada Pohuwato November 2024 nanti.


Belum lagi bicara kekuatan lain. Sebagaimana diketahui, selain Gerindra dan Nasdem, Pasangan Saipul-Iwan juga mendapatkan dukungan penuh dari sejumlah partai besar lainnya seperti PDIP, PKS, PAN, PPP dan Demokrat.


Selain itu, sejumlah tokoh besar yang sebelumnya melawan Saipul di Pilkada Pohuwato 2020, kini telah siap tempur memenangkan keduanya. Ada Hamdi Alamri dan Ibrahim Bouty (Calon Bupati Pohuwato 2020), Zunaidi Z. Hasan (Calon Wakil Bupati Pohuwato 2020), hingga mantan Sekda Pohuwato, Hikman Katohidar.


Sepanjang sejarah Pilkada mencatat, peluang menang bagi kandidat melawan kotak kosong, sangat besar, dan kemungkinan kalah bagi Paslon sangat jarang terjadi. Tercatat, baru Pemilu di Kota Makassar pada Pilkada serentak 2018 yang berhasil mengarak kotak kosong menjadi pemenangnya. Kota Makassar harus mengulang pemilihan walikota dan wakil walikota pada Pilkada Serentak 2020.


Apapun itu, harus diakui bahwa, Saipul-Iwan adalah calon kepala daerah Pohuwato paling siap.

G. Latarawe
Exit mobile version