BPBD Pohuwato Santuni Keluarga Korban Hanyut di Popayato

WARTANESIA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato memberikan bantuan kepada keluarga korban hanyut di Sungai Popayato, Kecamatan Popayato, pada Selasa (18/6/2024).

Kepala BPBD Pohuwato, Abdul Muthalib Dunggio mengatakan, bantuan yang diserahkan kepada keluarga korban yakni berupa bahan makanan.

banner 468x60

“Bantuan yang diberikan berupa bahan makanan, itu ada air mineral, minyak goreng dan Satu karung beras,” kata Abdul Muthalib Dunggio, Selasa (18/6/2024) malam.

“Bantuan ini tidaklah seberapa, kami berharap dapat mengurangi sedikit beban keluarga yang saat ini tengah berduka. Semoga bermanfaat,” jelasnya.

Sebelumnya, seorang kakek berusia sekitar 51 tahun, beserta cucunya di Desa Bukit Tingki, Kecamatan Popayato Barat, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, dikabarkan hanyut terbawa arus sungai Popayato, pada Selasa (18/6/2024).

Informasi yang diperoleh dari Kepala Desa Bukit Tingki, Muhtar Hasan, kronologi berawal saat kakek bernama Yunus Ismail alias Pakiki, mengajak kedua cucunya, Raflin (9) dan Rampi (6), pergi memindahkan hewan peliharaan (sapi) mereka yang berada di seberang sungai Desa Bukit Tingki.

“Kejadianya sekitar jam Sebelas siang. Pakiki ini mengajak kedua cucunya untuk pindah sapi. Mereka kemudian menyeberang sungai. Diduga akibat arus sungai yang deras serta debit air yang tinggi karena sudah berapa hari ini hujan, mereka hanyut,” ungkap Muhtar.

“Pakiki dan cucunya yang Enam tahun ini hanyut, yang selamat Raflin, dialah yang melaporkan kejadian itu ke warga sekitar dan sampai ke kami pemerintah desa,” sambungnya.

Proses pencarian secara intens yang dilakukan oleh tim gabungan Basarmas, BPBD, bersama unsur TNI  dan Polri pun membuahkan hasil.

Sang kakek, Yunus Ismail (51) berhasil ditemukan sekitar 7 kilo meter dari titik dinyatakan hilang. Yunus ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

“Iya benar, baru Satu korban yang ditemukan bernama Yunus Ismail. Tinggal Satu korban lagi sementara dilakukan pencarian. Mohon doanya semoga tidak ada kendala dalam proses pencarian, dan korban bisa segera ditemukan,” harapnya. (Lan)

banner 468x60