Pemda Pohuwato : 312 Hewan Qurban Bakal Disembelih saat Hari Raya Iduladha

WARTANESIA – Sebanyak 312 hewan qurban akan disembelih pada pelaksanaan hari raya Idul Adha di Kabupaten Pohuwato, tahun ini. Ke-312 hewan qurban ini tersebar di 13 Kecamatan se-Kabupten Pohuwato.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Arman Mohammad mengatakan, keseluruhan hewan qurban tersebut berasal dari kelompok-kelompok masyarakat, serta sumbangan dari dermawan.

banner 468x60

“Kita sudah terima data dari seluruh kecamatan, totalnya sebanyak 312 hewan qurban. Itu dari kelompok-kelompok masyarakat dan juga sumbangan dari dermawan,” kata Arman, Jumat (14/6/2024).

Sementara itu, Pemda Pohuwato sendiri kata dia, memfokuskan pelaksaan qurban tahun ini di Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato. Di sini kata dia, Pemda akan menyembelih sebanyak 8 ekor sapi qurban yang berasal dari sumbangan sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Lebih jauh kata Arman, pelaksaan qurban Iduladha di tahun ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Jika tahun-tahun sebelumnya Pemda mendistribusikan hewan qurban ke kecamatan-kecamatan, maka tahun ini tidak ada lagi. Kita mendorong masyarakt untuk mandiri. Ada dari pemerintah tapi di masjid-masjid, itu nanti yang menunjuk langsung Pak Bupati,” kata Arman.

“Kami berharap, perayaan ibadah qurban atau Iduladha tahun ini, dapat berjalan lancar. Masyarakat memaknai ibadah qurban itu bukan hanya memotong hewan qurban, tapi juga meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama. Karena sejatinya, nilai sosial ibadah qurban itu bagaimana meningkatkan rasa empati kepada sesama,” harapnya.

Adapun ke-312 hewan qurban yang tersebar di 13 Kecamatan se-Kabupaten Pohuwato yakni, Kecamatan Popayato Barat 15 ekor, Popayato 32 ekor,  Popayato Timur 29 ekor, Lemito 18 ekor, Wanggarasi 21 ekor, Randangan 79 ekor, Taluditi 20 ekor, Patilanggio 20 ekor, Duhiadaa 21 ekor, Buntulia 27 ekor, Marisa 36 ekor, Paguat 36 ekor, dan Kecamatan Dengilo 15 ekor. (Lan)

banner 468x60