Site icon WARTANESIA

Berjasa di Bidang Pendidikan, Almarhum KH. Ahmad Saleh Dapat Gelar Istimewa

WARTANESIA – Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menghadiri Haul ke-2 KH. Ahmad Saleh, yang dirangkaikan dengan silaturahmi akbar Abna Alkhairaat dan pelantikan HPA Banaat Alkhairaat Kabupaten Pohuwato, Minggu (6/8/2023).

Kegiatan itu turut dihadiri Anggota DPRD Pohuwato, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Boalemo, Lahmudin Hambali, Sesepuh Alkhairaat sekaligus Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Alkhairaat Dembe, KH. Sarmada Inaku.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul Mbuinga mengatakan, momentum ini merupakan ajang untuk mengenang pengabdian almarhum pada masa hidupnya.

“Perjuangan beliau menjadi pengasuh pondok pesantren Alkhairaat Buntulia dimulai sejak dari kondisi sarana dan prasarana lembaga pendidikan ini masih sangat terbatas . Alhamdulillah, buah dari perjuangan itu telah mengantarkan ponpes Alkhairaat Buntulia mengalami kemajuan sebagaimana kita saksikan hari ini,” tutur Saipul.

Lebih lanjut, kata Bupati Saipul, selain bergelut dengan dunia pendidikan, Almarhum juga mengemban tugas negara sebagai Kepala KUA, dengan jabatan terakhir sebagai KUA Kecamatan Marisa.

Selain itu mendapatkan amanah dari umat dan pemerintah Kabupaten Pohuwato menduduki jabatan sebagai Qadhi Kabupaten Pohuwato.

“Atas jasa-jasa almarhum kepada agama, adat dan pemerintah,  maka belaiu diberikan gelar adat dari Ulipu Duluwo Limo lo Pohalaa, Ta ilo Paduma to Wuudu,” tandas Siapul.

Kegiatan diawali dengan doa dan tahlilan yang dipandu Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Alkhairaat Dembe, KH. Sarmada Inaku, Kadhi Pohuwato, Hakimu Pohuwato dan Imam Besar Masjid Agung Pohuwato. (rik)

Exit mobile version