Dipimpin Syarif Mbuinga, POSSI Gorontalo Ikut Cari Bocah Tenggelam di Bulili

WARTANESIA – Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Provinsi Gorontalo di bawah pimpinan Syarif Mbuinga turut melakukan pencarian korban tenggelam di muara Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa, Sabtu (27/05/2023).

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dan ikut merasakan kebatinan keluarga atas tenggelamnya satu warga masyarakat Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio itu.

banner 468x60

“Di hari ketiga Alhamdulillah POSSI mengambil bagian ikut membantu masyarakat yang mengalami bencana dengan cara melakukan pencarian di dasar laut,” ucap Syarif.

POSSI melakukan pencarian korban dengan cara menyelam hingga ke dasar laut. Terhitung ada empat orang anggota POSSI yang ikut dalam proses pencarian tersebut.

“Kita ada empat orang termasuk saya. Dalam penyelaman kita terbagi dua tim, tim yang mendekati titik lokasi, dan tim yang agak condong kedalam untuk kita lakukan drive,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syarif juga mengaku bahwa POSSI akan terus ikut bersama Basarnas Pos Marisa, BPBD dan TNI-Polri untuk melakukan pencarian hingga hari keempat besok.

“Besok kita lakukan penyelaman kembali dari titik lokasi kearah timur dengan melakukan penangkapan dengan jaring. Posisi penyelaman POSSI dua orang dan Basarnas dua orang akan memegang ujung jaring dengan bentuk empat persegi panjang dan kemudian diseret di dasar laut,” lanjutnya.

Berdasarkan SOP dari Basarnas di hari-hari berikutnya POSSI juga akan ikut serta menyisir sekitaran lokasi kejadian dengan melebarkan pencarian lima hingga sepuluh mil.

“Kita juga akan terus berupaya ikut serta menyisir permukaan air dengan jarak pencarian sekitar 5-10 mil dari lokasi kejadian,” tutup Syarif.

Dalam melakukan pencarian hadir pula Sekretari POSSI Pohuwato, Iqram Bhari Akbar Baderan, beserta anggota POSSI Pohuwato lainnya, Camat Patilanggio, Bani Imran Kaluku, Kepala Desa Bulili, Kepala Desa Balayo, dan Kepala Desa Torosiaje. (rik)

banner 468x60