Site icon WARTANESIA

Keren! Lewat Sikades, Pengelolaan Keuangan Desa di Pohuwato Dilakukan Online

WARTANESIA – Ketua Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pohuwato, Sirwan Mohi, menyambut baik pelaksanaan launching aplikasi Sikades (Sistem Keuangan Desa), sekaligus sosialisasi pengelolaan keuangan desa, yang dilaksanakan pada Rabu (26/1/2023).

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat diperlukan oleh seluruh perangkat desa, mulai dari kepala desa, hingga BPD (Badan Permusyawaratan Desa) khususnya menyangkut keuangan desa.

“Kegiatan ini sangat diperlukan guna persiapan penyusunan anggaran tahun 2023.  Termasuk fasilitasi aplikasi Sikades yang erat singkronisasinya dengan pengelolaan keuangan. Ini sudah harus eksis diaplikasikan oleh semua desa di tahun ini,” ungkap Sirwan usai kegiatan.

Menurut Kades Motolohu Selatan ini, pengaplikasian sistem digitalisasi melalui aplikasi Sikades, dinilai sangat penting  serta dapat meminimalisir kesalahan, baik penginputan maupun pelaporan keuangan desa.

Ketua APDESI Pohuwato, Sirwan Mohi. (Istimewa)

“Selama ini, mengurus adminisrasi keuangan, kami dari desa harus pergi ke pusat pemerintahan di kabupaten. Semua dilakukan secara manual. Maka hadirnya Sikades, semua difasilitasi secara online. Hadirnya Sikades, tentu sangat bermanfaat,” bebernya lagi.

Sirwan menambahkan  penerepan aplikasi Sikades dipastikan bakal diterapkan pada Februari tahun ini. “Bulan februari ini sudah jalan. Kami berharap, hadirnya Sikades, dapat memudahkan seluruh sistem yang awalnya dilakukan manual. Seluruhnya dilakukan secara baik dan terarah,” pungkas Sirwan.

Untuk diketahui, aplikasi Sikades sendiri dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan digital di Pohuwato, bernama tatiye.net. Dibuat dan dikembangkan sejak tahum 2020, Aplikasi Sikades mantap dioperasikan oleh pemerintah, melalui Dinas Kominfo, bekerjasama dengan Dinas PMD dan seluruh desa se-Kabupaten Pohuwato, melalui APDESI di tahun 2023 ini.

Launching Sikades sekaligus Bimtek sistem keuangan yang diikuti oleh sebanyak 270 peserta, meliputi kepala desa, bendahara, sekretaris, operator hingga BPD ini, dilaksanakan di Hotel Meranti, Bone Bolango, pada Rabu (25/1/2023). Agenda ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Pohuwato, Iskandar Datau, dan ditutup secara resmi oleh Asisten I, Arman Mohamad. (Lan)

Exit mobile version