Alih Profesi, Masyarakat Penambang Terima Program Pemberdayaan dari PT PETS

WARTANESIA – Sejumlah 212 penambang rakyat di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, memilih untuk berhenti menambang dan beralih profesi menjadi peternak sapi. Program ini merupakan terobosan dari PT Merdeka Copper Gold.

Program tersebut dimulai dengan penyerahan ternak sapi secara simbolis oleh Direktur Utama PT PETS, Boyke Poerbaya Abidin, bersama Bupati Saipul Mbuinga, Selasa, 13 Desember 2022.

banner 468x60

Sebanyak 350 ekor sapi diserahkan kepada 212 rakyat penambang dan diharapkan menjadi modal awal bagi mereka untuk sumber penghasilan baru yang berkelanjutan.

Boyke Poerbaya Abidin mengatakan, program ini merupakan bukti bahwa perusahaan melakukan pendekatan humanis sebagai bagian dari good mining practices yang dilakukan perusahaan.

“Program bantuan ternak sapi ini bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi mandiri masyarakat penambang sebagai bentuk kerjasama dan niat baik perusahaan untuk membantu masyarakat,” ujar Boyke dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, PT Merdeka Copper Gold Tbk. menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bumi Panua.

“Bantuan alat kesehatan senilai lebih dari Rp 1 Miliar itu itu terdiri dari OAE Diagnostic, Clinical Middle Ear Analyzer, Clinical Audiometer, Treadmill System dan Spirometer,” lanjut Boyke.

Bupati Saipul mengatakan, serah terima ternak sapi ini diharapkan menjadi langkah awal program pemberdayaan masyarakat Kabupaten Pohuwato, khususnya masyarakat yang merupakan penambang.

“Diharapkan masyarakat juga memiliki tekad untuk lebih maju. Perusahaan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Forkopimda atas terlaksananya kegiatan ini,” jelas Saipul.

Sementara itu, koordinator penambang, Yusuf Lawani menyatakan, dirinya dan penambang rakyat di bawah pimpinannya sanggup memelihara dan mengembangkan ternak sapi yang mereka terima.

“Para penambang tersebut berkomitmen tidak akan memindahtangankan, menjual dan atau memotong ternak sapi yang diterima sebelum memasuki masa panen,” tandas Yusuf.

Kesediaan para penambang rakyat untuk menyukseskan program pengembangan dan penggemukan sapi ini dituangkan dalam Pakta Integritas yang ditandatangani oleh penambang dan perusahaan. (rik)

banner 468x60