Site icon WARTANESIA

Antisipasi Pelanggaran Pemilu 2024, Bawaslu Pohuwato Gelar Sosialisasi

WARTANESIA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pohuwato menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan pemilih pemula.

Hal itu dilaksanakan dalam menghadapi Pemilu serta Pemilihan Serentak 2024. Kegiatan itu dibuka Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, bertempat di Marina Beach Resort, Marisa, Rabu (12/09/2022).

Mengawali sambutannya, Wabup Suharsi menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Pohuwato yang telah melakukan langkah kongkrit berupa tahapan awal menyambut pemilihan serentak pada 2024 mendatang.

“Ini merupakan tantangan kita, tentang bagaimana kita bisa berpartisipasi dan ikut serta dari sisi pengawasan serta mematangkan persiapan. Karena setiap pemilu sering terjadi adanya pelanggaran-pelanggaran sehingga perlunya sosialisasi untuk menghindari permasalahan ini,” jelasnya.

Wabup Suharsi mengatakan, menumbuhkan partisipasi masyarakat seperti memberikan pengawasan aktif demi tercapainya pesta demokrasi yang berkualitas sangatlah penting untuk dilakukan.

“Saya berharap agar pelaksanaan kegiatan bisa berjalan lancar, dan sangat penting untuk mengikuti segala arahan dan masukan dari narasumber, sehingga apa yang diperoleh bisa disampaikan kepada keluarga ataupun rekan masing-masing,” lanjutnya.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Pohuwato, Ramlan menjelaskan bahwa sosialisasi ini merupakan program rutin dengan misi utama untuk melakukan pencegahan adanya potensi pelanggaran saat pemilihan legislatif dan kepala daerah serentak pada 2024 mendatang.

“Paling tidak ini adalah upaya bersama mencegah potensi pelanggan,” pungkas Ramlan. (rik)

Exit mobile version