Site icon WARTANESIA

Popayato Siap! Pemda Pohuwato Matangkan Upacara HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI

WARTANESIA – Panitia HUT Proklamasi RI tingkat Kabupaten Pohuwato menggelar gladi bersih detik-detik HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Lapangan Proklamasi Kecamatan Popayato, Senin (15/08/2022).

Pada gladi bersih itu, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bertindak selaku inspektur upacara, sementara Ketua DPRD, Nasir Giasi, selaku pembaca Teks Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa, gladi bersih ini merupakan persiapan menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Pohuwato, yang akan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022.

“Pelaksanannya sama seperti pada hari H, saya selaku inspektur upacara dan pak Ketua DPRD pembaca teks proklamasi, semoga pada Rabu, 17 Agustus nanti semuanya berjalan sukses,” harapnya.

Kepada petugas terutama pengibar bendera, Bupati Saipul minta bisa fokus dan dapat melaksanakan tugas yang diberikan.

“Ingat, pada 17 Agustus nanti semuanya diminta fokus, karena saat itu ribuan mata memandang. Bukan saja para pejabat yanh hadir, melainkan masyarakat Pohuwato pada umumnya, apalagi upacara 17 Agustus tahuh ini pertama kalo dilaksanakan di lapangan proklamasi karena di kecamatan-kecamatan tidak dilaksanakan, sehingga pelaksanaannya ini diakui akan ramai disaksikan oleh masyarakat,” kata Saipul.

“Apalagi ini merupakan sejarah awal sejak Kabupaten Pohuwato terbentuk yang pelaksanaannya bukan di pusat ibu kota kabupaten. Untuk itu diharapkan upacara ini bisa sukses terlaksana,” pinta upati Saipul. (Lan)

Exit mobile version