Site icon WARTANESIA

IWAPI Pohuwato Bakal Berdayakan Para Janda Lewat Pendampingan Usaha

Ketua IWAPI Pohuwato, Jeanette P.D Kilapong Mbuinga, saat rapat bersama sejumlah anggota. (Lan)

WARTANESIA – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Pohuwato dibawah kepemimpinan Jeanette P.D Kilapong Mbuinga, baru-baru ini menggelar rapat persiapan pembahasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) se-Kabupaten Pohuwato.

Kepada Wartanesia.id, Ketua IWAPI Kabupaten Pohuwato, Jeanette P.D Kilapong Mbuinga menjelaskan, pihaknya akan mendukung dan memperkuat UMKM PEKKA di 13 kecamatan.

“Program kita kedepan yaitu memperkuat dan mendampingi Pekka untuk mereka bisa lebih mendiri lagi dengan adanya koperasi. Kita juga akan melakukan pendampingan usaha, karena anggota PEKKA merupakan perempuan kepala rumah tangga, maka otomatis mereka yang mencari pekerjaan untuk membiayai kehidupannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jeanette menjelaskan bahwa pendampingan tersebut akan dimulai pada awal bulan September dengan diawali dari Pekka Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa.

“Insyaa Allah kita akan lakukan di 13 kecamatan. Tapi untuk langkah awalnya kita mulai dulu dari Desa Bulili, kita akan sosialisasikan awal September nanti,” lanjut Jeanette.

Saat ini sendiri tutur Jeanette, PEKKA yang berada di Desa Bulili beranggotakan kurang lebih 50 orang dengan latar belakang usaha yang berbeda-beda.

“PEKKA di Bulili itu anggotanya ada sekitar 50 orang. Mereka memiliki usaha yang beragam, mulai dari penjual nasi kuning, kios-kios kecil, dan sembako,” tuturnya.

Jeanette berharap kedepannya hasil yang didapatkan lewat usaha-usaha tersebut dapat dipasarkan di masyarakat.

“Kita akan usahakan dulu di Desa Bulili agar maksimal dan menjadi contoh untuk kecamatan-kecamatan lain,” tandasnya. (rik)

Exit mobile version