Site icon WARTANESIA

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Pohuwato, Dimulai Hari ini

WARTANESIA – Vaksinasi Khusus Anak tingkat Kabupaten Pohuwato resmi di launching oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bertempat di Lapangan Ormas Marisa, Sabtu (15/01/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, Assisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohamad, dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Rusmiati Pakaya.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengatakan sasaran 116.096 orang kelompok umur 12 sampai lansia saat ini sudah sekitar 90 ribu orang yang sudah di vaksin.

“Kami sudah komunikasi dengan dua daerah (Kota Gorontalo dan Boalemo) dan tidak ada yang cedera setelah di vaksin. Untuk itu dihimbau peran penting dari orang tua yang sudah pernah mengalami pada saat pemberian vaksinasi tersebut dan tidak merasakan apa-apa. Artinya berikan pemahaman kepada anak-anak itu sendiri,” jelas Bupati.

Dalam penerapannya, selain peran orang tua, peran guru juga penting yang setiap hari berhadapan dengan murid yang kiranya dapat memberikan edukasi, agar sasaran 15.300 orang usia 6-11 tahun dalam waktu dekat ini bisa tercapai.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kadis Kesehatan, Rusmiati Pakaya menjelaskan, persyaratan dari kemenkes bahwa kegiatan ini bisa dilakukan ketika kita sudah mencapai 70 persen vaksin dosis 1 untuk umum dan lebih dari 60 persen untuk vaksin lansia.

Kemudian untuk peserta usia 6-11 tahun sejumlah 15.300 sekian se-Kabupaten pohuwato yang hari ini dilaunching serentak di 13 Kecamatan.

“Untuk Kabupaten Pohuwato dipusatkan di Lapangan Ormas Marisa dengan peserta vaksinasi berasal dari 9 Sekolah Dasar (SD) yang terpencar di Kecamatan Marisa. Insyaallah hari ini masing-masing sekolah mengutus 50 anak dan akan tervaksin hari ini 450 anak,” ujar Rusmiati.

Terakhir, Rusmiati Pakaya menambahkan, sebesar 98 persen masyarakat atau ibu-ibu menerima dan bersedia anaknya di vaksinasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan testimoni siap vaksin oleh salah satu siswa SD 01 Marisa, Shinta Satga Az-Zahra yang menyatakan bahwa dirinya siap di vaksin, saya mau sehat, vaksin aman.

Kemudian Bupati bersama Kapolres meninjau pelayanan vaksinasi salah satunya kepada Nabil Putra HIN Tani, Siswa kelas 2 di SDN 06 Marisa, anak pertama dari pasangan Ibu Wirlan Ndungo dan Bapak Sofyan Tani. (Wan/Rik)

Exit mobile version