Site icon WARTANESIA

Jalani Mopotilolo, Zukri Suratinojo Resmi Jalankan Tugas Sebagai Pj. Sekda Pohuwato

WARTANESIA – Setelah resmi menjadi Penjabat Sekda Pohuwato pasca pelantikan pada Kamis (8/7/2021) kemarin oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Zukri Surotinojo menjalani prosesi adat Mopotilolo (penambutan secara adat Gorontalo), yang sebelumnya diawali dengan ramah tamah Penjabat Sekda dan Ketua DWP Pohuwato, di Gedung Panua Jum’at, (9/7/2021).

Proses adat Mopotilolo ini sendiri dilaksanakan oleh pemangku adat. Usai proses adat, Zukri Surotinojo ketika menjelaskan bahwa, adat Mopotilolo merupakan adat Gorontalo yang ditujukkan kepada pejabat yang yang datang ke suatu wilayah, dan kemudian menjabat di eilayah tersebut.

“Adat ini merupakan suatu penghormatan bagi pejabat tersebut di wilayah yang dikunjungi ataupun ketika menjadi pejabat di tempat itu.  Karena ini sudah menjadi ketentuan adat Gorontalo, jadi setiap pejabat yang masuk disuatu daerah, wajib dilakukan mopotilolo,” jelas Zukri.

“Dengan adat ini maka saya bersama Ketua DWP Pohuwato, sudah resmi diterima di Pohuwato dan sudah bisa melaksanakan tugas-tugas pemerintahan untuk membantu bupati dan wakil bupati. Terima kasi kepada pemangku adat, pemerintah, Forkopimda, dan semua masyarakat Pohuwato,” tukas Zukri. (wan)

Exit mobile version