Site icon WARTANESIA

Bupati Saipul Minta BWSS Seriusi Persoalan Irigasi di Randangan dan Patilanggio

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama BWSS saat meninjau irigasi di Randangan dan Patilanggio. (Iwan Karim)

WARTANESIA – Persoalan jaringan irigasi yang ada di Kecamatan Randangan dan Patilanggio, ditinjau oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga yang didampingi Plt. Kadis Pertanian, Ikbar AT. Salam, Plt. Camat Patilanggio, Heriyanto Uwete, dan pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS), Senin, (5/7/2021).

Peninjauan itu merupakan tindaklanjut dari  kesepakatan rapat yang digelar akhir pekan kemarin. Ada puluhan titik yang menjadi persoalan di bagian kiri dari jaringan irigasi itu yang ditinjau langsung oleh Bupati.

Pada kesempatan itu, Saipul mendengar keluhan dari masyarakat dan pemerintah setempat. Mulai dari Desa Dulomo dan Sukamakmur, Kecamatan Patilanggio, serta Desa Ayula, Kecamatan Randangan.

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat turun langsung meninjau sejumlah titik irigasi di Kecamatan Randangan dan Patilanggio. (Iwan)

Selanjutnya, Bupati Saipul menuju ke Desa Iloheluma dan Balayo, hingga Desa Manawa di Kecamatan Patilanggio. “Ada banyak keluhan. Artinya, jaringan irigasi ini sudah mau dipakai hanya saja terkendala dengan berbagai persoalan baik itu jaringan yang bocor, yang berumput serta yang tidak bisa dilalui oleh air,” ungkap Saipul.

Saipul meminta pihak BWSS untuk segera menindaklanjuti persoalan tersebut. “Karena ini sangat dibutuhkan. Mengingat percetakan sawah baru hanya terkendala oleh beberapa persoalan saja. Untuk itu semua hasil di lapangan nantinya akan dibahas kembali pada pertemuan dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

“Persoalan ini harus cepat ditangani dan dicarikan jalan solusinya, kita berupaya untuk menjadikan lumbung pangan di daerah ini. Karena semua sudah tersedia baik dari bendung sampai jaringan irigasi yang sudah ada,” harap Saipul. (wan)

Exit mobile version