Site icon WARTANESIA

Mantan Jenderal TNI Temui Syarif, Ramalan Rusli Bakal Terbukti?

Pertemuan Afanti S. Uloli dan Syarif Mbuinga. (Wn)

WARTANESIA – Tidak hanya dicintai dan membekas di hati masyarakatnya pasca memimpin Bumi Panua (julukan Kabupaten Pohuwato) selama dua periode (10 tahun). Sosok Syarif Mbuinga ternyata sangat digandrungi oleh banyak elit politik, birokratif, bahkan di luarnya, di se antero Serambi Madinah (julukan Provinsi Gorontalo).

Ini dibuktikan lewat kunjungan silaturahmi yang dilakukan oleh Mayor Jenderal TNI (Purn) Afanti S. Uloli, M.Si., ke Syarif Mbuinga, pada Jumat (2/7/2021).

Meski sudah purna tugas, di mata Afanti, Syarif Mbuinga merupakan sosok politikus yang sukses. “Kalau ditanya ke saya seperti apa sosok Pak Syarif Mbuinga, saya hanya bisa jawab, beliau sosok yang luar biasa. Selama dua periode jadi Bupati Pohuwato, menggambarkan bahwa beliau sukses dan dicintai masyarakatnya,” ungkap Afanti.

“Kalau kemudian nanti beliau mencalonkan diri dan atau dicalonkan oleh partainya, saya fikir sangat pantas. Beliau pantas memimpin Provinsi Gorontalo. Ada banyak tokoh politik di Gorontalo, mereka semua luar biasa, namun jika disuruh memilih, saya akan pilih Pak Syarif Mbuinga,” cetusnya.

Afanti pun memberikan pengakuan mengejutkan ketika ditanya apakah pertemuan dirinya dan Syarif ada kaitannya dengan Pilgub Gorontalo di tahun 2024. “Saya dan Pak Syarif temenan sudah lama. Kalau ditanya dekat, ya kami sangat dekat. Komunikasi pun intens. Saya hari ini silaturahmi dan juga sharing, termasuk soal Pilgub. Jika diminta maju, saya fikir semua warga negara Indonesia punya hak yang sama. Niatnya baik untuk daerah, saya Insha Allah siap,” ujar Afanti mengakui.

“Dalam perjalanan hidup itu ada tangan Tuhan. Kita hanya bisa berencana, tapi Tuhan lah yang menentukan. Waktu masih panjang, dalam politik itu segala kemungkinan bisa terjadi. Intinya kita lihat saja nanti. Mohon doa yang terbaik,” harap Afanti.

Hal senada pun dikatakan Syarif Mbuinga, menggambarkan sosok Mayor Jenderal TNI (Purn) Afanti S. Uloli, M.Si. “Pak Afanti sudah saya anggap kakak saya. Beliau orangnya cerdas dan tegas. Sangat pantas kalau beliau ikut mencalonkan diri nanti di Pilgub. Sah-sah saja,” tutur Syarif Mbuinga.

Singkat cerita dari pertemuan kedua mantan (mantan TNI dan mantan Bupati Pohuwato) itu, publik tentu akan menunggu. Apakah Syarif benar dicalonkan Golkar sebagai Calon Gubernur Gorontalo? Atau, bermodalkan kepopularannya, ia akan mencalonkan diri meski tanpa Golkar? Benarkah nantinya, mantan Mayjend TNI, Afanti Uloli, bakal ikut meramaikan kontestasi bergengsi Lima tahunan itu meski  disebut Debut? Atau, keduanya justru bakal berpasangan nanti? Sebab tempo hari, Rusli Habibie, Ketua DPD I Golkar Gorontalo, sempat menjagokan keduanya. Baca (https://rgol.id/rusli-jagokan-afanti-syarief/). Menarik untuk dinanti. (Goesland Latarawe)

Exit mobile version