Site icon WARTANESIA

Gubernur Gorontalo Jadikan Paguat Lokasi Pencanangan PPKM

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, didampingi Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, di pencanangan PPKM. (Iwan/Hms)

WARTANESIA – Kecamatan Paguat menjadi tempat pencanangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), berskala mikro di Kabupaten Pohuwato, oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, pada Selasa (1/6/2021).

Pencananganan PPKM tersebut dirangkaikan dengan vaksinasi lansia yang berlangsung di Puskesmas Paguat, yang dihadiri Anggota DPR RI, Ny, Idah Sahidah Rusli Habibie, serta Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan Suharsi Igirisa, Dandim 1313 Pohuwato, Wakapolres Pohuwato, Penjabat Sekda Pohuwato, hingga Iswanta, SE., Ak.

Dalam sambutannya, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengatakan bahwa, penambahan kasus Covid-19 dari hari ke hari makin banyak, termasuk di Pohuwato.

“Gorontalo saat ini masuk zona merah, sehingga diminta diterapkan PPKM berbasis mikro, untuk Pohuwato dicanangkan di Kecamatan Paguat. Mulai hari ini tanggal 1 Juni bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila kita diwajibkan menerapkan PPKM termasuk di Gorontalo,” ungkap Rusli.

“Selanjutnya, untuk vaksin, jatah Pohuwato sudah dikirm. Kenapa harus di vaksin? agar daya tahan tubuh kita ada. Tapi tidak meyakinkan bahwa sudah divaksin bisa kena covid dan meninggal. Kuncinya harus memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan serta kesadaran dari masyarakat sangat diharapkan,” sambung Rusli.

Sementara itu, Bupati Saipul Mbuinga melaporkan, dari total jumlah penduduk Pohuwato, ada sekitar 146.430 jiwa yang telah beroleh vaksin untuk pelayanan publik. Dari total target 7 ribu orang, yang sudah terealisasi 6.926 orang atau 98,94 persen.

“Untuk sasaran masyarakat umum, ada 101.241 orang, realisasi 62 orang termasuk lansia yang ada di dalamnya yakni baru berkisar pada 0,06 persen,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Saipul juga mengungkapkan jumlah pasien Covid di Pohuwato, per tanggal 31 Mei 2021. “Positif saat ini 4 orang, sembuh dari Covid 303 orang, dan yang meninggal dunia 6 orang,” beber Saipul.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat pelindung diri pada Satgas covid Desa Buhu Jaya, Kecamatan Paguat, oleh Gubernur Rusli Habibie, dan dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan vaksinasi lansia. (hms/wan)

Exit mobile version