Site icon WARTANESIA

Dikes Pohuwato Gelar Penyusunan Standar Pelayanan Kesehatan

WARTANESIA – Penyusunan standar pelayanan kesehatan tingkat Kabupaten Pohuwato, dilaksanakan di Aula Golden Sri Hotel Kamis (4/3/2021).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes),
Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Pohuwato ini, dibuka langsung oleh Kepala Bidang Yankes, Dikes Pohuwato, Meli Pakaya SKM, yang mewakili Plt. Kadikes Pohuwato, Irfan Saleh.

Pada awak media, Meli mengaku, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menyusun rencana kebutuhan tenaga kesehatan di masing-masing tempat layanan kesehatan secara proporsional, agar terbagi secara merata.

“Ada tenaga-tenaga kesehatan kita yang kurang, misalnya Dokter, Apoteker, dan itu tidak terupdate di pusat,” jelasnya.

Lebih lanjut Meli mencontohkan dibeberapa tempat layanan kesehatan, ada yang tenaga kesehatannya lebih banyak dari yang dibutuhkan, sementara ditempat lain justru mengalami kekurangan.

“Ada puskesmas yang hanya 1 dokter, sementara kebutuhannya ada 2, nah ini yang kita susun direncana kebutuhan ini. Biasa pusat kalau melihat tenaga kita kurang, mereka akan membantu dengan tenaga nusantara sehat, yang dibiayai langsung oleh pusat. Tenaga yang kurang di kita seperti Analis, Apoteker, Dokter Gigi, juga Dokter Umum,” jelas Meli.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi SDMK (Sumber Daya Manusia Kesehatan) Provinsi Gorontalo, Agnes Lamba SKM., MM, sebagai narasumber, dan diikuti oleh pengelola program dari 16 Puskesmas se-Kabupaten Pohuwato. (Yo)

Exit mobile version