Site icon WARTANESIA

Saipul dan Suharsi Ikuti Prosesi Mopotilolo di Paguat dan Dengilo

Prosesi adat Mopotilolo, Bupati dan Wakil.Bupati Pohuwato, di Kecamatan Paguat. (WN)

WARTANESIA – Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan Suharsi Igirisa, melakukan serangkaian prosesi adat Mopotilolo, di dua kecamatan yakni, Paguat dan Dengilo, pada Selasa (2/3/2021).

Paguat dan dengilo merupakan dua kecamatan tahap kedua setelah Kecamatan Marisa, yang melakukan prosesi adat Mopotilolo kepada Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato yang baru menjabat ini.

Mengenakan pakaian khas adat Gorontalo berwarna kuning emas. Bupati Saipul didampingi istri yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Pohuwato. Sedangkan Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, mengenakan setelan kerawang merah jambu dengan setelan sarung adat untuk perempuan Gorontalo.

Prosesi adat Mopotilolo, Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato di Kecamatan Dengilo.

Dalam penyampaiannya, Saipul A. Mbuinga mengatakan bahwa, prosesi adat Mopotilolo merupakan rangkaian adat Gorontalo, yang harus dilewati oleh pejabat, sebelum melaksanakan program pembangunan di daerah.

“Dalam proses adat kedua ini yakni Mopotilolo, akan dilakukan di 13 kecamatan,” kata Saipul.

Camat Paguat, Arman Mohamad pada kesempatannya, menyampaikan terima kasih. “Kami menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan ini. Kami bersyukur, usai agenda ini, beliau Pak Bupati dan Wakil Bupati sudah bisa bekerja dan melakukan serangkaian agenda pemerintahannya dengan baik,” tukas Arman. (Lan)

Exit mobile version