Site icon WARTANESIA

Sudah Diresmikan Tapi Belum Ditempati, Benarkah Puskesmas Lama di Paguat Bakal Jadi Kantor Kelurahan?

WARTANESIA – Benarkah Puskesmas Kecamatan Paguat, yang berada di Kelurahan Siduan, Kecamatan Paguat, dikabarkan akan dialihfungsikan menjadi Kantor Kelurahan?

Kabar tersebut dijawab oleh Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, usai melakukan pengresmian Puskesmas yang baru saja dibangun, di Desa Buhu Jaya, Kecamatan Paguat, pada Selasa (19/1/2021) kemarin.

“Benar, ada aspirasi yang masuk, memohonkan agar Puskesmas tersebut dapat dijadikan Kantor Kelurahan Siduan. Kita akan kaji dulu karena tempatnya terlalu besar untuk ukuran sebuah kantor kelurahan,” ungkap Syarif.

Pernyataan berbeda disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Pohuwato, Melly Pakaya mengatakan bahwa, Gedung Puskesmas di Kelurahan Siduan, bakal dijadikan rumah singgah.

“Kami rencanakan bangunan itu (eks Puskesmas) untuk rumah singgah. Lebih pas kalau dijadikan rumah singgah. Sebab, selama ini kita sewa tempat untuk semisal ibu hamil dan lainnya. Jadi sebelum dibawa ke Puskesmas, pasien dirawat di rumah singgah lebih dulu,” kata Melly.

Untuk diketahui, Kecamatan Paguat dan Dengilo, kini telah memiliki Puskesmas baru. Khusus Kecamatan Paguat, Puskesmas baru tersebut berada di Desa Buhu Jaya, Kecamatan Paguat.

Meski sudah diresmikan, Puskesmas baru ini belum langsung ditempati. Di tambah lagi, Puskesmas ini belum memiliki fasilitas sama sekali. Namun begitu, rencananya, Puskesmas ini bakal menggunakan peralatan lama yang ada di Puskesmas sebelumnya.

“Sambil menunggu proses pengadaan, peralatan di sana (eks Puskesmas Paguat), bakal dipindah ke Puskesmas yang baru,” ujar Melly. (Lan)

Exit mobile version